Siap Nyalon Ketum PBNU Lagi, Said Aqil Tegaskan Tak Terobsesi Jadi Wapres

Nahda Rizki Utami - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 18:02 WIB
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) petahana, Said Aqil Siraj mengumumkan kesediaannya untuk maju sebagai calon Ketum PBNU periode 2021-2026 di Muktamar ke-34 NU, Lampung.
Said Aqil Siroj (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Said Aqil Siroj menyatakan siap maju sebagai calon ketua umum (caketum) dalam Muktamar ke-34 NU di Lampung, 23-25 Desember ini. Said Aqil menegaskan pencalonannya sebagai caketum PBNU bukan karena terobsesi menjadi Wakil Presiden (Wapres) RI.

"Nggak ada obsesi seperti itu, tidak ada, karena saya bukan makomnya, bukan bidangnyalah sebagai pejabat politik," kata Said Aqil di Jakarta Pusat, Rabu (8/12/2021). Said Aqil menanggapi anggapan Ketum PBNU lekat dengan posisi wapres.

Said Aqil juga menyadari tidak memiliki pengalaman sebagai pejabat politik. Said Aqil mengaku saat ini fokus meneruskan programnya di PBNU.

"Saya kan belum pernah, jadi menteri belum pernah, jadi anggota DPR belum pernah. Tidak ada obsesi untuk lebih naik lagi, apa lagi?" ucap Said Aqil.

"Tidak ada. Sama sekali, tidak ada (tidak terobsesi menjadi wapres)," imbuhnya.

Terkait regenerasi di PBNU, Said Aqil mengaku, jika terpilih lagi, akan menggaet anak-anak muda menjadi pengurus PBNU. Dia mengklaim kepimpinannya saat ini sudah merekrut anak-anak muda menjadi pengurus.

"Kalau nanti saya kepilih, nanti beberapa jajaran ketua, nah kita cari yang muda-muda," jelas Said Aqil.

"Yang penting generasi muda kita libatkan dalam kepengurusan ini. Sekarang sudah mulai kok, sekjen muda banget, Pak Marsudi itu muda," sambung dia.

Diberitakan sebelumnya, Said Aqil mengaku diminta para kiai agar bersedia maju sebagai caketum di Muktamar ke-34 NU. Said Aqil menyatakan bersedia memenuhi permintaan tersebut para kiai.

"Saya terima permintaan atau perintah dari para kiai, permintaan sebagian besar para pengurus wilayah dan PCNU untuk meneruskan kembali program NU dalam 5 tahun ke depan," terang Sadi Aqil di Jakarta Pusat, hari ini.

"Saya siap menaati perintah kiai sepuh dan mengabulkan permohonan para pengurus wilayah dan pengurus PCNU agar saya siap dicalonkan kembali sebagai Ketua Umum PBNU," tambahnya.

(zak/zak)