Teroris Upik Lawanga Divonis Seumur Hidup!

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 17:12 WIB
Ilustrasi Palu Hakim
Ilustrasi pengadilan (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Teroris kelompok Jamaah Islamiyah (JI), Taufik Bulaga alias Upik Lawanga, divonis penjara seumur hidup. Vonis ini sama dengan tuntutan jaksa, yang menuntut agar Upik Lawanga dibui seumur hidup.

"Divonis (penjara) seumur hidup," kata pejabat Humas PN Jaktim, Alex Adam, saat dimintai konfirmasi, Rabu (8/12/2021).

Sidang pembacaan putusan digelar di Pengadilan Negeri Jaktim, Jalan Dr Sumarno, Cakung, Jaktim, Rabu (8/12). Saat ini Upik Lawanga ditahan di Rutan Cabang Mako Brimob Cikeas.

Diketahui, Upik Lawanga di kalangan teroris disebut 'Profesor' karena pintar membaca situasi dan karakteristik suatu wilayah dia berada. Agar tidak dicurigai warga, Upik membuat bom berbentuk senter sesuai dengan kebiasaan masyarakat di tempatnya berada, yang kerap membawa senter pada malam hari.

Upik Luwanga membuat bom atau rakit senjata di sebuah bunker miliknya. Bunker tersebut seluas 2x3 meter persegi. Bunker itu digenangi air sebagai kamuflase agar tidak diketahui orang.

Upik Lawanga ditangkap Densus 88 Antiteror pada Rabu (23/11/2020). Upik ditangkap di Lampung setelah 14 tahun jadi buron.

Upik Lawanga juga disebut aset paling berharga Jamaah Islamiyah. Sebab, Upik dinilai sebagai penerus Dr Azahari.

Nama Taufik Bulaga atau Upik Lawanga disebut-sebut sebagai orang yang merakit bom di Hotel JW Marriott dan Hotel Ritz-Carlton. Selain itu, Upik ada dalam DPO kasus bom Solo dan Cirebon.

Lihat juga video 'Cerita Kapolri Buru Teroris Upik Lawanga-Zulkarnaen Saat Masih AKBP':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/mae)