Jembatan Ulin di Balikpapan Rusak Usai Dihantam Ombak Besar

Muhammad Budi Kurniawan - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 16:48 WIB
Tangkapan layar video saat jembatan Kariangau rusak diterjang ombak laut (Foto: Istimewa)
Tangkapan layar video saat jembatan Kariangau rusak diterjang ombak laut (Foto: dok. Istimewa)
Balikpapan -

Jembatan Ulin Kariangau, yang berada di Kelurahan Kariangau, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, rusak. Jembatan itu rusak setelah diterjang ombak laut besar.

"Iya jembatannya rusak akibat diterjang ombak laut Senin malam kemarin," jelas Kepala BPBD Balikpapan Suseno saat dihubungi Rabu (8/12/2021).

Ombak besar itu menghantam Jembatan Ulin Kariangau pada Senin (6/12/2021) pukul 19.45 Wita.

Tidak ada korban jiwa akibat gelombang tinggi yang menghantam kawasan Balikpapan itu. Namun jembatan yang menghubungkan Kelurahan Kariangau dengan Kampung Baru Ujung terputus.

"Nggak ada korban jiwa, tapi akses perhubungan ke Kampung Baru Ujung terputus, jadi masyarakat harus muter lewat jalur darat," ucap Suseno.

Lokasi jembatan berada di pinggir laut. Jembatan Ulin itu biasa digunakan masyarakat untuk tempat wisata dan rekreasi memancing warga.

"Biasanya memang digunakan untuk warga memancing dan tempat wisata," ungkapnya.

Terpisah, warga Balikpapan, Zaein Chandra, berharap jembatan yang rusak itu segera diperbaiki oleh pemerintah. Sebab, selain digunakan sebagai jembatan alternatif, Jembatan Ulin itu kerap di jadikan tempat wisata warga Balikpapan saat akhir pekan.

"Ya kalau bisa segera diperbaiki. Soalnya, itu kan jembatan penghubung dan biasa digunakan tempat wisata dan rekreasi memancing," kata Zaein.

(mae/mae)