Banjir di Ancol Mulai Surut, Warga Mulai Bersihkan Rumah

Anggi Muliawati - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 16:42 WIB
Banjir yang menerjang RW 08 Kelurahan Ancol, Jakarta Utara (Jakut), mulai surut. Saat ini ketinggian banjir sekitar 5-10 cm atau semata kaki. (Anggi Muliawati/detikcom)
Banjir yang menerjang RW 08 Kelurahan Ancol, Jakarta Utara (Jakut), mulai surut. Saat ini ketinggian banjir sekitar 5-10 cm atau semata kaki. (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Banjir yang menerjang RW 08 Kelurahan Ancol, Jakarta Utara (Jakut), mulai surut. Saat ini ketinggian banjir sekitar 5-10 cm atau semata kaki.

"Sekarang tingginya sekitar 5-10 cm, semata kaki, di dalam juga sama segitu, yang di depan itu nggak masuk, cuma sampai di Jalan Lodan Raya saja," ujar Kepala Keamanan RW 08, Fatahila, kepada wartawan, Rabu (8/12/2021).

Fatahila mengatakan awalnya banjir setinggi 80 cm sudah mulai surut saat malam dengan bantuan pompa dari Dinas Sosial. Namun banjir kembali naik sekitar pukul 09.00 WIB setinggi 30 cm.

"Kemarin tingginya hampir 80 cm, malemnya surut itu dibantu sama pompa Dinsos. Naik lagi jam 9 pagi sekitar 30 cm," ujarnya.

Banjir yang menerjang RW 08 Kelurahan Ancol, Jakarta Utara (Jakut), mulai surut. Saat ini ketinggian banjir sekitar 5-10 cm atau semata kaki. (Anggi Muliawati/detikcom)Foto: Anggi Muliawati/detikcom

Pantauan detikcom di lokasi, sebagian warga sudah mulai membersihkan rumahnya masing-masing, dan sebagian warga lainnya masih mengungsi.

"Iya betul, sebagian udah mulai bersihin rumah pascabanjir kemarin," ujar Fatahila.

Diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi ya kenaikan air laut tertinggi di pesisir Jakarta Utara pada Kamis (9/12) dan Sabtu (11/12). Menanggapi hal tersebut, Fatahila mengaku sudah melakukan antisipasi.

"Antisipasinya kita jaga rumah masing-masing, kita sudah evakuasi barang-barang sama warga. Sebagian warga sudah ngungsi, ada di dua tempat, di sekitar RW 08, yang kedua di sekitar Masjid Al Bahrain," tuturnya.

(jbr/jbr)