Polda Metro Bakal Gelar FGD Bahas Fasilitas Sirkuit untuk Pembalap Liar

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 16:05 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Yogi Ernes/detikcom)
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Rencana Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran untuk memfasilitasi sirkuit bagi pelaku balap liar di Jakarta kini semakin nyata. Dalam waktu dekat, Polda Metro Jaya akan menggelar focus group discussion (FGD) untuk membahas fasilitas sirkuit hingga hal teknis.

"Kami akan cari formatnya seperti apa, termasuk dari pemerintah daerah untuk bisa cari sirkuit untuk pelaksanaan (balap liar)," tutur Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Rabu (8/12/2021).

Sambodo menyebut pihaknya akan berkoordinasi dengan sejumlah instansi, seperti Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), untuk membahas hal tersebut. Tak lupa, peserta balap liar juga akan diajak berdiskusi dalam forum FGD ini.

"Dalam waktu dekat kami akan laksanakan FGD. Dengan fokus diskusi mengundang berbagai stakeholder lembaga dan instansi yang terkait dengan balapan ini. Misalnya dari pihak Kemenpora, sponsor dari beberapa komunitas sepeda motor, bahkan dari komunitas-komunitas balap liar yang sering balapan dan joki-jokinya kami undang," jelas Sambodo.

Dirinya berujar para pelaku balap liar bisa saja memiliki bakat balapan yang dapat mengharumkan Tanah Air di ajang internasional jika difasilitasi dengan optimal.

"Siapa tahu dari para pelaku mereka punya bakat-bakat yang bisa bawa nama Indonesia di tingkat internasional," pungkas Sambodo.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran berencana membuat program untuk pelaku balap liar. Ia akan memfasilitasi 'sirkuit' untuk pembalap liar agar tak balapan di jalanan.

"Di Jakarta insyaallah saya akan buat program untuk menggandeng anak-anak muda yang biasa balapan di jalan," ujar Fadil Imran di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Polda Metro Jaya berencana membuat kegiatan balap bulanan bagi anak muda yang kerap melakukan balap liar jalanan di Jakarta. Polda Metro nantinya akan menyiapkan lokasi khusus untuk ajang balap ini.

"Kita buat semacam sirkuit dengan event bulanan. Jadi tidak perlu dia malam-malam. Kalau perlu kita buat sirkuit malam atau siang. Ditlantas sedang memikirkan di mana lokasinya, " lanjutnya.

Simak video 'Kapolda Metro Akan Fasilitasi Pembalap Liar':

[Gambas:Video 20detik]



(rak/mea)