Demo Sempat Memanas, Perwakilan Massa Buruh Diterima Masuk ke Gedung MK

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 13:41 WIB
Demo buruh di MK.
Demo buruh. (Rizky/detikcom)
Jakarta -

Demo buruh di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, sempat memanas lantaran peserta demo tidak diperbolehkan menuju gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Namun akhirnya perwakilan massa buruh diterima masuk ke gedung MK.

Pantauan di lokasi, Rabu (8/12/2021), sekitar 30 orang perwakilan massa berjalan dari Jalan Merdeka Barat menuju gedung MK. Sembari berjalan, mereka berorasi dan menyanyikan beberapa lagu nasional.

Nampak beberapa atribut yang dibawa perwakilan massa demo mulai dari bendera merah putih hingga bendera Serikat buruh. Perwakilan massa yang diterima ke gedung MK dikawal petugas.

Dari 30-an massa demo tersebut, hanya 10 orang yang dipersilakan masuk ke gedung MK. Sisa perwakilan massa demo menunggu di MK.

Sebelumnya, tepatnya depan gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rabu (8/12/2021) pukul 12.00 WIB, massa meneriakkan yel-yel agar kawat berduri dibuka aparat.

"Buka... buka... buka blokade sekarang juga," seru massa buruh.

Polisi siaga berbaris tepat di depan kawat berduri, menghadap ke arah massa. Sementara itu, perwakilan buruh terus berorasi dan meminta kawat berduri dibuka dari atas mobil komando, yang berada di sekitar Patung Kuda.

Orator sempat meminta para buruh duduk di depan kawat berduri hingga blokade dibuka oleh polisi. Saat ini massa buruh sudah memenuhi ruas jalan sekitar Patung Kuda.

Jalanan pun sudah steril dari lalu-lalang kendaraan. Masih dari pantauan detikcom, massa buruh yang ada di lokasi membawa bendera serta atribut organisasi masing-masing, di antaranya PSPMI, KSPI, SPSI, SPKEP, SPN, dan Aliansi Buruh.

(idn/idn)