Isu Reshuffle Kabinet Menguat, Cek Kabar Terbarunya di Sini

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 11:37 WIB
Isu reshuffle kabinet Presiden Jokowi kembali diperbincangkan. Bagaimana kabar terbarunya saat ini?
Isu Reshuffle Kabinet Menguat, Cek Kabar Terbarunya di Sini (Foto: Ilustrasi: Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta -

Isu reshuffle kabinet Presiden Jokowi kembali diperbincangkan. Isu reshuffle kabinet masih menjadi pertanyaan hingga saat ini karena belum ada kepastian dari pemerintah.

Pemerintah belum menetapkan tanggal reshuffle kabinet. Namun ada beberapa perkembangan terbaru yang sudah diinformasikan ke publik. Apa saja? Berikut rangkumannya.

Benarkah Reshuffle Kabinet Dilakukan Pada 8 Desember?

Isu reshuffle kabinet kembali mencuat dan menjadi pertanyaan. Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN Yandri Susanto menyebutkan, dia mendengar kabar reshuffle akan dilakukan Rabu, 8 Desember 2021.

"Saya dengar juga isunya begitu (Rabu Pon, 8 Desember), katanya, sih," kata Yandri kepada wartawan di gedung DPR/MPR beberapa waktu lalu.

Isu Reshuffle Kabinet: Hanya Presiden Jokowi yang Tahu

Waketum PPP Arsul Sani menjelaskan informasi reshuffle kabinet jarang tidak diketahui oleh pimpinan partai politik. Reshuffle tersebut hanya diketahui oleh Presiden Jokowi.

"Kemarin-kemarin selama Pak Jokowi, ya, itu tidak pernah diomongkan, termasuk dengan pimpinan partai politik, jauh-jauh hari nggak pernah," ujarnya.

Pertemuan Johan Budi dengan Presiden Jokowi Memperkuat Isu Reshuffle Kabinet

Isu reshuffle kabinet diperkuat pasca pertemuan Johan Budi dengan Jokowi di Istana Merdeka, Rabu (1/12/2021). Pertemuan mereka juga diketahui untuk membahas kinerja para menteri.

"Pengakuan Johan Budi setelah bertemu Jokowi soal kondisi rakyat dan kinerja menteri menjadi sinyal serius tentang kemungkinan reshuffle yang sebenarnya tinggal nunggu waktu," kata analisis Direktur Eksekutif Lembaga Survei Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, saat diwawancarai, Senin (6/12/2021).

Saat pertemuan minggu lalu, Johan Budi mengatakan dia memberi masukan terkait kinerja para menteri kepada Presiden Jokowi. Menurut mantan juru bicara Presiden Jokowi itu. Pertemuan tersebut juga bukan pertama kali sejak ia bekerja di DPR.

"Kalau itu dikaitkan sama saya ketemu Pak Jokowi kemarin, saya sebenarnya ketemu Pak Jokowi, seperti yang sudah saya sampaikan kan silaturahmi dan ini bukan kali pertama saya ketemu Pak Jokowi selama saya di DPR. Saya yang memberi masukan terhadap kinerja kabinet kabinet atau menteri Pak Jokowi," ungkap Johan Budi kepada wartawan di gedung MPR/DPR, Senin (6/12/2021).

Kabar lain terkait isu reshuffle kabinet juga dapat disimak di halaman berikutnya.