Hakim Kabulkan Munarman Hadiri Sidang Kasus Terorisme Secara Offline

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 10:04 WIB
Pemblokiran Rekening FPI itu Mirip Cara Zionis dan Kafir Quraisy
Munarman (Foto: Tim blak-blakan/detikcom)
Jakarta -

Majelis hakim mengabulkan permohonan mantan Sekretaris Umum (Sekum) Front Pembela Islam (FPI) Munarman untuk hadir dalam sidang secara langsung. Munarman akan menghadiri sidang selanjutnya secara offline.

"Mengabulkan permohonan penasihat hukum terdakwa, memerintahkan jaksa penuntut umum menghadirkan terdakwa pada sidang selanjutnya secara offline," kata hakim ketua dalam sidang di PN Jaktim, Jalan Dr Sumarno, Cakung, Jaktim, Rabu (8/12/2021).

Hakim mengatakan Munarman dapat menjalankan sidang secara langsung guna memperlancar persidangan. Sebab, kata hakim, terkadang sidang online terkendala sinyal.

"Menimbang pihak terdakwa sudah ajukan permohonan perihal permohonan sidang offline untuk menghadirkan Terdakwa Munarman, bahwa permohonan itu berjanji akan ikuti prokes. Menimbang bahwa majelis hakim menilai kemungkinan sidang online tidak bisa lancar mengingat sinyal, maka permohonan sidang offline terdakwa dapat dikabulkan," kata hakim.

"Apabila pemohon melanggar permohonannya, maka persidangannya akan ditinjau kembali untuk dilaksanakan online atau elektronik," lanjut hakim.

Saat ini sidang pembacaan dakwaan Munarman sedang berlangsung, jaksa masih membacakan dakwaan Munarman. Munarman dapat menghadiri sidang secara offline pada sidang selanjutnya, Rabu (15/12).

Sidang Munarman di Pengadilan Negeri Jakarta Timur tertutup.Sidang Munarman di Pengadilan Negeri Jakarta Timur tertutup. (Zunita/detikcom)

Sidang Munarman Tetap Tertutup

Sidang Munarman hari ini kembali digelar secara tertutup. Majelis hakim saat membuka sidang menyatakan sidang terbuka untuk umum.

Namun, wartawan di lokasi yang meliput tidak bisa masuk ke ruang sidang. Wartawan hanya dibolehkan meliput di depan ruang sidang dan hanya disediakan loudspeaker untuk mendengar sidang.

Ruang sidang juga dijaga polisi dan petugas satpam di pengadilan. Hanya tim jaksa dan tim pengacara yang boleh masuk ke ruang sidang.

Seperti dilansir dari SIPP PN Jaktim, Munarman akan didakwa terkait kasus terorisme. Munarman disebut merencanakan atau menggerakkan orang lain untuk melakukan teror.

Simak Video 'Munarman Belum Dipastikan Hadir dalam Sidang Dakwaan':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/aik)