KPK Cecar Istri Alex Noerdin soal Barbuk Rp 1,5 M dari OTT Dodi Alex

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 09:50 WIB
KPK menetapkan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin menjadi tersangka suap berkaitan dengan suap pengadaan barang dan jasa infrastruktur. Dodi langsung ditahan di rutan KPK.
Penampakan Bupati Musi Banyuasin Dodi Alex Noerdin berompi tahanan KPK. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Jakarta -

KPK telah memeriksa Eliza Alex Noerdin sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tahun anggaran 2021. Istri mantan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin itu dicecar KPK soal barang bukti berupa Rp 1,5 miliar saat operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Dodi Reza Alex Noerdin (DRA) selaku Bupati Muba.

"Eliza Alex Noerdin (ibu rumah tangga) hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan barang bukti yang ditemukan saat tim KPK mengamankan tersangka DRA disalah satu lobi hotel di Jakarta," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (8/12/2021).

Uang Rp 1,5 miliar itu ditemukan tim penyidik di dalam tas merah dari ajudan Dodi Alex. Pada kesempatan yang sama, ajudan Dodi Alex, Mursyid, juga diperiksa sebagai saksi dan didalami soal adanya aliran dana terkait perkara ini.

"Mursyid (ajudan Bupati Musi Banyuasin) hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dengan dugaan adanya aliran sejumlah uang dari beberapa pihak swasta sebagai bentuk fee proyek untuk tersangka DRA dkk," kata Ali.

Ali mengatakan pemeriksaan dilakukan pada Selasa (7/12). Kedua saksi itu diperiksa untuk tersangka Dodi Alex dkk di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, KPK menetapkan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin menjadi tersangka suap berkaitan dengan suap pengadaan barang dan jasa infrastruktur. Dodi langsung ditahan di Rutan KPK Kaveling C1.

"Setelah dilakukan pengumpulan berbagai bahan keterangan terkait dugaan tindak pidana korupsi yang dimaksud, KPK meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan dengan mengumumkan empat tersangka," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat konferensi pers di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (16/10).

Simak daftar tersangka dalam kasus ini di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'KPK Beberkan Konstruksi Perkara Bupati Musi Banyuasin Dodi Alex Noerdin':

[Gambas:Video 20detik]