Begini Sepak Terjang Novel Baswedan Dkk yang Kini Perkuat Polri

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 06:57 WIB
Sebanyak 52 eks pegawai KPK mengikuti sosialisasi pengangkatan ASN Polri hari ini. Novel Baswedan ikut serta ikut sosialisasi.
Sejumlah eks pegawai KPK saat mengikuti sosialisasi pengangkatan ASN Polri (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Pilihan sulit tapi harus dilakukan, setidaknya begitu kata Novel Baswedan. Bagi mantan penyidik KPK itu amanah sebagai aparatur sipil negara atau ASN di Polri adalah satu ikhtiar dalam pemberantasan korupsi meski bukan di ranah penindakan.

Novel tidak sendiri. Ada 43 rekan senasib sepenanggungan dari KPK yang mengambil tawaran dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meski ada pula 12 orang lain yang memilih untuk menolak dengan alasan masing-masing.

Oleh Polri, Novel dan kawan-kawan akan bertugas di bidang pencegahan korupsi. Yudi Purnomo Harahap, mantan penyidik KPK yang juga memilih jalan bersama Novel itu menyebutkan bila tugas awal mereka kini mengawasi proyek-proyek strategis nasional sekaligus terkait dana bantuan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

"Kami akan fokus dalam penugasan-penugasan yaitu pertama mengawasi dana COVID," kata ucap Yudi pada Selasa, 7 Desember 2021.

"(Mengawasi) Proyek-proyek strategis nasional. Kemudian dana pemulihan ekonomi nasional yang sangat kuat dan memang belum ada orang-orang atau instansi yang mengawasi terhadap proyek strategis tersebut yang tadi disebutkan," imbuh Yudi.

Potret Novel Baswedan dkk usai terima tawaran jadi ASN PolriPotret Novel Baswedan dkk usai terima tawaran jadi ASN Polri (Foto: Twitter Novel Baswedan @nazaqistsha)

Novel sendiri sedari awal telah memahami bila posisi barunya di Polri bukanlah sebagai penyidik. Namun Novel meyakini tetap ingin memberikan yang terbaik di lini pemberantasan korupsi.

"Dan tentunya melihat fenomena korupsi yang tidak bisa kita bilang sebagai menurun atau kecil, kami memandang bahwa kontribusi untuk bisa melakukan upaya memberantas korupsi ini sekarang ini yang tersedia adalah ketika Kapolri mengajak atau menyediakan untuk kami bisa ikut untuk berbakti untuk kepentingan bangsa dalam rangka untuk memberantas korupsi hal pencegahan," kata Novel.

Terlepas dari apapun tugas Novel dan rekan-rekannya di Polri, mereka bisa dibilang sudah teruji sebagai aset berharga dalam pemberantasan korupsi di negeri ini. Memang apa saja kiprah mereka?

Simak Video 'Bakal Jadi ASN Polri, Novel Cs Ditugasi Awasi Dana Covid dan Program PEN':

[Gambas:Video 20detik]