MKD DPR Panggil Pelapor Dugaan Pelanggaran Etik Fadli Zon Besok

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 22:53 WIB
Fadli Zon
Fadli Zon (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta -

Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI memanggil politisi Teddy Gusnaidi, terkait dugaan pelanggaran kode etik anggota Komis I DPR RI, Fadli Zon, besok. MKD akan meminta keterangan Teddy sebagai pelapor Fadli Zon.

"Benar jam 14.00 WIB besok, agendanya kita mau verifikasi terlapor dulu. Kalau laporannya administrasi sudah lengkap, tapi kita harus tetap hadirkan pelapornya untuk dimintai keterangan yang lengkap untuk ditindak lanjuti atau tidak," kata Wakil Ketua MKD Nazarudin Dek Gam kepada wartawan, Selasa (7/12/2021).

Nazarudin mengatakan Teddy terkonfirmasi akan menghadiri pemanggilan MKD. Setelah meminta keterangan, MKD bakal memanggil Fadli Zon.

"Kabarnya sih datang, tadi saya telepon ke MKD katanya datang," ujarnya.

"Setelah verifikasi jika pelapornya jelas, baru kita akan panggil Fadli Zon," lanjut Nazarudin.

Sebelumnya, Fadli Zon dilaporkan ke MKD oleh Politisi Teddy Gusnaidi. Laporan itu resmi dilayangkan pada Senin (29/11).

Adapun pokok pengaduan ini terkait dengan komentar Fadli Zon di akun Twitternya pada 27 November 2021, yaitu 'UU ini harusnya batal karena bertentangan dengan konstitusi dan banyak masalah sejak awal proses. Terlalu banyak Invisible hand. Kalau diperbaiki dalam 2 tahun artinya tak bisa digunakan yang belum diperbaiki'.

Komentar tersebut diunggah Fadli Zon pada 26 November 2021. Fadli Zon diduga melanggar kode etik terkait cuitannya soal UU Cipta Kerja.

"Hari ini, Senin, 29 November 2021, saya selaku warga negara Indonesia, telah melakukan pengaduan dugaan pelanggaran kode etik terhadap Fadli Zon selaku anggota DPR RI kepada Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI dan telah diterima pengaduan tersebut oleh sekretariat sekitar pukul 11.05 WIB," kata Teddy kepada wartawan, Senin (29/11).

(eva/rfs)