Banjir Rob Setinggi 50 Cm, Jalan di Kawasan Sunda Kelapa Dialihkan

Wildan Noviansah - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 14:20 WIB
Jalan di kawasan Sunda Kelapa dialihkan imbas banjir rob
Jalan di kawasan Sunda Kelapa dialihkan imbas banjir rob. (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Banjir rob kembali naik di kawasan Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Jalan di kawasan tersebut ditutup sementara.

"Jalan Lodan Raya ini kita tutup, karena memang robnya lagi naik. Sehingga ketinggiannya sudah tidak bisa dilalui roda empat dan roda dua. Sehingga kita lakukan pengalihan arus dengan penutupan ruas Jalan Lodan Raya," kata Kasudin Perhubungan Jakarta Utara, Harlem Simanjuntak, saat diwawancarai, Selasa (7/12/2021).

Berdasarkan pantauan di lokasi pukul 13.00 WIB, tampak pembatas jalan dipasang. Ketinggian air mencapai sekitar 50 cm. Selain itu, terlihat satu mobil derek dan dua mobil Dinas Perhubungan yang diparkir di ruas jalan menuju Lodan Raya.

"Sebenarnya penutupan mulai jam 10.00 WIB, tapi masih bisa dilalui roda empat. Jadi ini jam 12.00 WIB sudah nggak bisa (melintas)," kata dia.

Banjir Rob di Jakut Siang IniBanjir Rob di Jakut Siang Ini (Wildan/detikcom)

Harlem mengatakan kendaraan yang hendak melintas ke Lodan Raya untuk sementara dialihkan dan diputarbalikkan.

"Jadi yang dari Jalan Pakin yang mau ke Lodan Raya, dialihkan ke jalan Tongkol hingga Jalan Cengkeh. Yang dari Martadinata, Tanjung Priok Ancol, yang mau mengarah ke Lodan Raya dialihkan ke kampung Bandan dan dikembalikan ke arah Ancol atau Martadinata," imbuhnya.

Penutupan jalan sementara berlaku untuk semua kendaraan, termasuk truk kontainer.

"Iya, untuk kontainer juga kita sampaikan untuk tidak dilalui karena takut kejebak di tengah. Sehingga tetap kita alihkan arus supaya tidak sampai ke jalan lodan raya. Kita menyesuaikan dengan ketinggian air rob, kalau sudah bisa dilalui kita buka kembali," kata dia.

Hingga saat ini, lalu lintas di kawasan banjir masih terpantau ramai lancar. Harlem mengatakan pihaknya bekerja sama dengan kepolisian dan Satpol PP untuk mengatur lalu lintas di sekitar kawasan banjir rob.

"Jadi kita kerja sama dengan kepolisian dan Satpol PP bersama sama untuk mengatur lalin di sekitar air rob," pungkasnya.

(idn/idn)