Kena Banjir Rob, Tembok Rumah Warga di Jalan Krapu Jakut Roboh

Wildan Noviansah - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 13:28 WIB
Salah satu tembok rumah warga roboh (Wildan Noviansah/detikcom)
Salah satu tembok rumah warga roboh. (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Banjir rob kembali menggenang di kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa-Muara Angke, Jakarta Utara. Akibatnya, tembok salah satu rumah warga roboh.

Pantauan detikcom di Jalan Krapu RT 01 RW 08, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Selasa (6/12/2021), pukul 12.30 WIB, tembok sisi sebelah kanan rumah warga semipermanen ambruk. Selain itu, benteng di sampingnya roboh akibat diterjang arus deras banjir rob.

"Itu karena tembok yang udah tua, rumahnya juga kan semi permanen, terus arusnya deras kenceng jadi kedorong," kata Ketua RT 01, Maya (33), kepada detikcom, Selasa (7/12/2021).

Berdasarkan penuturan Maya, tembok rumah yang roboh merupakan rumah kontrakan. Maya menambahkan untuk sementara waktu dirinya menyarankan warga yang tinggal di rumah itu, Joni, mengungsi dulu ke masjid.

"Itu rumah kontrakan, atas nama Pak Joni," ujarnya.

"Tadi saya udah sarankan buat ngungsi, tapi katanya mau nyari kontrakan baru lagi," tambahnya.

Berdasarkan penuturan Maya, sebanyak kurang-lebih 60 rumah dan 80 KK di RT 01 terdampak banjir rob. Saat ini sejumlah warga mengungsi ke Masjid Al Idzhar.

"Total ada 80 KK, sebagian diungsikan ke masjid sini. Harus diungsikan karena ini arusnya deras banget," kata dia.

"Kemungkinan ada (bantuan), tapi kita belum tahu, nanti kita ajukan. Karena dampak seperti ini semua sama, kena semua. Mungkin ke depannya ada, nanti akan dibicarakan dulu," pungkasnya.

Simak juga 'Banjir Rob di Parepare, Permukiman-Kantor Polisi Terendam':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)