BMKG Keluarkan Peringatan Dini Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Sulsel

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 09:06 WIB
Makassar -

Hujan deras sejak Senin kemarin di Makassar, Sulsel, menyebabkan banjir di sejumlah pemukiman warga. BMKG juga mengeluarkan peringatan dini soal cuaca buruk hari ini.

Di Jalan Abdullah daeng Sirua, Kelurahan Tamamaung, Panakukang, ketinggian air sudah sebetis orang dewasa. Banjir di wilayah ini disebut yang terparah.

"Banjir terparah ini sejak tahun 2000 sejak itu dibeli rumah," kata warga setempat, Rijal (20), Selasa (7/12/2021).

Rijal bercerita air masuk ke dalam rumah pada pukul 04.30 Wita, sedangkan ketinggian air di depan rumahnya telah mencapai 1 meter.

"Karena air masuk, saya mengungsi ke rumah saudara di wilayah Toddopuli. Sebelum pergi saya angkat barang-barang elektronik supaya tidak rusak," ucapnya.

Sementara itu, BMKG juga telah mengeluarkan peringatan dini soal kondisi cuaca di Sulsel. Hujan dengan intensitas sedang dan lebat, disertai kilat dan angin kencang akan terjadi di hampir seluruh wilayah Sulsel hari ini.

Peringatan dini ini berlaku mulai pukul 08.00-10.00 Wita. BMKG memprediksi cuaca ekstrem ini akan terjadi di Kabupaten Wajo, Takalar, Barru, Sinjai, Pangkep, Maros, hingga Makassar.

(tfq/idn)