Diguyur Hujan Deras Sejak Kemarin, Sejumlah Wilayah di Makassar Banjir

Muhammad Taufiqqurahman, Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 06:21 WIB
Banjir di Sulsel (dok. Basarnas Sulsel)
Foto: Banjir di Sulsel (dok. Basarnas Sulsel)
Makassar -

Banjir merendam sedikitnya empat kecamatan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Banjir terjadi usai Makassar diguyur hujan deras sejak kemarin.

"Banjir empat kecamatan, paling terdampak itu Kecamatan Manggala," kata Kepala BPBD Makassar Hendra Hakamudin saat dimintai konfirmasi, Selasa (7/12/2021).

Empat kecamatan yang terendam banjir, yakni Kecamatan Manggala, Panakkukang, Tamalanrea dan Biringkanaya. Air merendam wilayah tersebut hingga setinggi leher orang dewasa.

"Ketinggian air itu sampai leher," kata Hendra.

Hendra mengatakan proses evakuasi terus dilakukan sejak Senin (6/12) malam. Permintaan evakuasi disebutnya terus meningkat.

"Jumlah evakuasinya yang jelas eskalasinya meningkat. Sampai hari ini meningkat per kita konfirmasi ini aduan meningkat," kata dia.

"Karena tadi malam memang terjadi evakuasi dan evakuasi itu bukan hanya BPBD saja, kita juga bergerak dengan SAR Brimob, Basarnas juga," sambung Hendra.

Warga dievakuasi ke sejumlah fasilitas umum untuk dijadikan lokasi pengungsian. Dia belum menjelaskan detail berapa banyak warga yang mengungsi.

"Titik evakuasi atau tempat pengungsian itu sudah ditentukan camat setempat. Misalnya, Manggala itu ada sekitar 20 tempat evakuasi dan sebagian besar fasilitas umum," katanya.

"Ada beberapa juga karena beberapa di antara mereka, setelah dievakuasi langsung ke rumah keluarganya," pungkas Hendra.

Banjir juga terjadi di wilayah lain di Sulsel. Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak Video 'Pantau Banjir di Makassar, Walkot: Air Tidak Terlalu Tinggi':

[Gambas:Video 20detik]