3 Wanita Sulut Jadi Korban Perdagangan Orang di Maluku Tenggara Barat

Trisno Mais - detikNews
Senin, 06 Des 2021 22:10 WIB
Ilustrasi perdagangan orang/prostitusi (Fuad Hashim/detikcom)
Ilustrasi Perdagangan Orang (Fuad Hashim/detikcom)
Manado -

Polisi berhasil memulangkan tiga wanita asal Minahasa Utara (Minut), Sulawesi Utara (Sulut), yang jadi korban perdagangan orang di Maluku Tenggara Barat. Kapolda Sulut Irjen Mulyatno bersyukur karena para korban itu bisa kembali dengan selamat.

"Sebenarnya yang menimpa saudara kita ini adalah kasus kemanusiaan, di mana orang diperdagangkan, dieksploitasi, sehingga kami (Polda Sulut) sangat berempati, terutama bagi keluarga korban," kata Mulyanto saat memberi keterangan resmi di Manado, Sulut, Senin (6/12/2021).

Mulyanto mengatakan pemulangan ketiga korban ini berkat kerja sama semua pihak. Proses pemulangan korban memakan waktu sepekan.

"Ini adalah kepedulian bersama semua pihak, karena ada laporan dari masyarakat dan Bupati Minut yang sama-sama peduli. Dan alhamdulillah dalam waktu kurang lebih satu minggu, korban berhasil dibawa pulang," jelas dia.

Sementara itu, Kapolres Minut AKBP Bambang Yudi Wibowo menjelaskan, tiga perempuan itu merupakan korban perdagangan orang yang terjadi pada kurun waktu Mei hingga November 2021. Sebelumnya, para korban sempat melarikan diri dari sebuah kafe tempat mereka bekerja karena diperlakukan dengan tidak baik.

"Mereka (korban) dijanjikan pekerjaan. Setelah dijanjikan pekerjaan, kemudian mereka dibiayai bekerja di wilayah Saumlaki dan ternyata di sana pekerjaan tidak sesuai dengan yang diharapkan," jelas dia.

Dia menambahkan, pihaknya sementara melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut.

"Kasus ini sementara dalam penyelidikan," kata dia.

Untuk diketahui para korban dijemput langsung oleh Mulyatno, didampingi Kabid Humas Kombes Jules Abraham Abast, Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Gani F Siahaan, Bupati Minut Joune Ganda, dan Bambang.

Korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) itu tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado pada hari ini.

(aud/aud)