Hormat Prabowo ke Pekerja Galangan yang Buat Kapal Cepat Rudal Indonesia

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Senin, 06 Des 2021 19:51 WIB
Menhan Prabowo menemui para pekerja PT PAL yang terlibat pembuatan Kapal Cepat Rudal.
Foto: Menhan Prabowo menemui para pekerja PT PAL yang terlibat pembuatan Kapal Cepat Rudal. (dok. Kemenhan)
Jakarta -

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto berterima kasih dan mengapresiasi pembangunan kapal cepat rudal (KCR) oleh PT PAL yang telah rampung. Kapal itu nantinya akan digunakan oleh TNI Angkatan Laut (AL).

"Rasa bangga dan hormat setinggi-tingginya pada seluruh pekerja galangan kapal dan jajaran direksi PT PAL Indonesia atas kerja keras dan dedikasi kepada bangsa dan negara melalui pembangunan kapal cepat rudal yang telah diluncurkan hari ini," kata Prabowo dalam unggahan di laman akun Facebook resminya, Senin (6/12/2021).

Prabowo menuturkan pembuatan KCR merupakan tanggung jawab negara, sesuai amanat undang-undang, yang bertujuan untuk melindungi segenap tumpah darah Indonesia. Pembangunan KCR ini juga menjadi bukti Indonesia memiliki SDM berkualitas dalam upaya modernisasi alutsista nasional secara mandiri.

Ketum Partai Gerindra ini menilai sikap mandiri berdampak baik pada cita-cita Indonesia berdiri di atas kaki sendiri. Dia menambahkan, industri pertahan yang mandiri akan berimplikasi positif terhadap upaya pemulihan ekonomi nasional akibat situasi pandemi COVID-19.

"Kebutuhan alutsista harus menciptakan kemandirian industri pertahanan dalam negeri. Industri pertahanan harus bangkit dan menjadi motor penggerak roda perekonomian bangsa Indonesia. Indonesia aman, ekonomi tumbuh," ujar Prabowo.

Sebelumnya, PT PAL Indonesia (Persero) membangun empat unit platform KCR 60 Meter. Keempatnya adalah KRI Sampari-628, KRI Tombak-629, KRI Halasan-630, dan KRI Kerambit-627.

Saat ini PT PAL telah membuat lima armada KCR 60 Meter. KCR kelima ini akan menjalani diuji oleh para ahli dan teknisi sebelum diserahkan kepada TNI AL sebagai pengguna.

Simak Video: Keren! Kapal Cepat Rudal Karya Anak Bangsa Siap Jaga Kedaulatan NKRI

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)