PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang, Simak Kabar Terbarunya

Anisa Hafifah - detikNews
Senin, 06 Des 2021 16:30 WIB
PPKM luar Jawa-Bali akan diperpanjang hingga 23 Desember yang akan mendatang. Bagaimana kabar terbarunya saat ini?
PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang, Simak Kabar Terbarunya (Foto: Infografis detikcom/Denny/detikcom)
Jakarta -

PPKM luar Jawa-Bali akan diperpanjang hingga 23 Desember yang akan mendatang. Perpanjangan PPKM itu dilakukan selama 2 minggu ke depan. Hal ini seperti yang dikatakan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden hari ini.

"Khusus luar Jawa-Bali akan ada perpanjangan PPKM tanggal 7-23 Desember 2021," kata Airlangga dalam konferensi pers, Senin (6/12/2021).

Lalu apa saja informasi terbaru soal PPKM Luar Jawa Bali? Simak informasi berikut ini.

PPKM Luar Jawa-Bali: Level PPKM

Dalam konferensi persnya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto juga menyebutkan ada 129 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 1. Dikatakan juga penentuan level PPKM ini dilihat berdasarkan capaian vaksinasi di setiap kabupaten/kota.

"Level 1 itu ada di 129 kabupaten/kota, ini meningkat dibandingkan yang lalu, 51 kabupaten/kota. Untuk level 2, dari 175 menjadi 193 kabupaten/kota dan di level 3 menurun dari 160 menjadi 64 kabupaten/kota dan level 4 nol," ucapnya.

Selain itu, dia mengatakan ada sembilan provinsi yang capaian vaksinnya di bawah 50 persen. Kesembilan provinsi itu adalah Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Papua Barat, Maluku, Sulawesi Tenggara, Aceh, dan Papua.

PPKM Luar Jawa-Bali : Capaian Indonesia Kendalikan COVID-19

Kasus aktif COVID-19 di Indonesia tiap harinya mengalami penurunan. Pada Senin (6/12/2021) dalam pembukaan Kongres IV Persatuam Alumni GMNI yang dilakukan secara virtual, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan capaian Indonesia dalam penanganan COVID-19.

Capaian tersebut menjadikan Indonesia satu dari lima negara yang berhasil mengendalikan COVID-19 pada level 1. Adapun makna level 1 berarti negara tersebut memiliki tingkat penularan rendah terhadap ancaman COVID-19.

"Kita telah berhasil menjadi satu dari lima negara di dunia yang berhasil mengendalikan pandemi COVID pada level 1. Hal ini menunjukkan kemampuan bangsa kita dalam menghadapi tantangan yaitu dengan gotong-royong dan memanfaatkan tantangan itu sebagai peluang," tutur Jokowi.

Informasi mengenai PPKM luar Jawa-Bali sudah diketahui. Selanjutnya, simak pembatasan kegiatan Natal dan Tahun Baru di halaman berikutnya.