Budisatrio Terpilih Menjadi Ketum DPP Pemuda Tani Indonesia 2021-2026

Dea Duta Aulia - detikNews
Senin, 06 Des 2021 16:12 WIB
Ketua Pemuda Petani Budisatrio Djiwandono
Foto: Pemuda Petani
Jakarta -

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Budisatrio Djiwandono terpilih secara aklamasi jadi Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Pemuda Tani Indonesia periode 2021-2026 dalam Musyawarah Nasional VI DPP Pemuda Tani Indonesia di Hotel Novotel, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (27/11/2021) lalu. Terpilihnya Budisatrio Djiwandono menggantikan Fary Djemy Francis selaku ketua Ketua Umum Demisioner Periode 2016-2021.

Ia mengatakan, amanah tersebut akan dijalankan secara maksimal agar bisa mewujudkan seluruh harapan para kader Pemuda Tani Indonesia.

"Sebelumnya saya tidak pernah membayangkan saya akan memimpin organisasi besar Pemuda Tani Indonesia. Ini adalah amanah dan tanggung jawab besar bagi saya untuk mewujudkan harapan kader sekaligus petani di seluruh Indonesia. Saya berterima kasih untuk kepercayaan semua kader, insyaallah saya akan berusaha membawa harapan kepada pemuda tani," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (6/12/2021).

Budisatrio Djiwandono juga berterima kasih kepada Ketua Dewan Pembina Prabowo Subianto, Ketua Umum HKTI Fadli Zon, Ketua Umum Pemuda Tani Demisioner Fary Djemy Francis, dan pihak terkait lainnya karena telah membesarkan serta menanamkan nilai-nilai penting dalam wadah Pemuda Tani Indonesia.

"Saya terinspirasi oleh bapak Prabowo Subianto. Beliau memberikan pelajaran besar kepada saya, bahwa sesungguhnya setiap kita mendapatkan kepercayaan yang lebih tinggi maka pada saat itu juga tugas dan tanggung jawab kita semakin berat," tuturnya

Budisatrio menambahkan, pertanian adalah bidang yang sangat diperjuangkan olehnya. Hal itu terlihat dari penempatannya sebagai anggota DPR RI Komisi IV yang membawahi bidang pertanian.

"Panggilan hidup saya, perjuangan-perjuangan yang ingin saya tekunkan ada di Komisi IV. Saya percaya masa depan Bangsa Indonesia bertumpu pada pertanian, perikanan, kehutanan dan lingkungan hidup," tambahnya.

Ia berkomitmen membawa Pemuda Tani Indonesia untuk mengedepankan transparansi, inklusif, akomodatif dan partisipatif dalam pengelolaan organisasi.

"Kita ingin membawa kepengurusan pemuda Tani Yang Inklusi, yang kolaboratif, yang menitikberatkan prinsip-prinsip kekeluargaan, dan prinsip-prinsip gotong royong," jelasnya.

Sementara itu, Fary Djemy Francis yakin kepemimpinan Budisatrio akan membawa organisasi Pemuda Tani Indonesia menjadi lebih solid.

"Pemuda Tani Indonesia butuh sosok figur kepemimpinan nasional seperti mas Budi Beliau memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat, jejaring dan pengalaman yang cukup mumpuni membawa Pemuda Tani ke arah yang lebih baik," ungkapnya.

Sebelumnya, Prabowo Subianto membuka acara Munas VI Pemuda Tani Indonesia dengan tema "Pemenuhan Kebutuhan Pangan Melalui Produksi Dalam Negeri". Melalui tema ini, Pemuda Tani mendorong pemerintah dan para petani untuk mencapai ketahanan pangan nasional dengan produksi bangsa sendiri.

Acara ini juga dihadiri oleh seluruh Dewan Pengurus Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pemuda Tani se-Indonesia secara luring dan daring dengan protokol kesehatan ketat selama acara berlangsung.

(fhs/ega)