Johan Budi Ungkap Ketemu Jokowi Bahas Kinerja Menteri

Matius Alfons - detikNews
Senin, 06 Des 2021 13:17 WIB
Jakarta -

Mantan Juru Bicara Presiden Jokowi yang kini menjadi anggota DPR RI, Johan Budi, kembali menjelaskan pertemuannya dengan Presiden beberapa hari yang lalu. Selain silaturahmi, dia mengaku memberikan masukan kepada Jokowi terkait kinerja para menterinya saat ini.

"Kalau itu dikaitkan sama saya ketemu Pak Jokowi kemarin, saya sebenarnya ketemu Pak Jokowi, seperti yang sudah saya sampaikan kan silaturahmi dan ini bukan kali pertama saya ketemu Pak Jokowi selama saya di DPR. Saya yang memberi masukan terhadap kinerja kabinet kabinet atau menteri Pak Jokowi," kata Johan Budi, kepada wartawan, di gedung DPR/MPR, Senin (6/12/2021).

Pertemuan Johan Budi dengan Presiden Jokowi berlangsung di Istana Negara pada Rabu (1/12) yang lalu. Johan memastikan dirinya tidak membicarakan soal reshuffle menteri atau reshuffle Rabu Pon.

"Sebenarnya itu, jadi silaturahmi sama itu, jadi nggak bahas soal reshuffle tidak bahas soal jubir-jubiranlah, nggak ada itu. Nggak... nggak (soal reshuffle Rabu Pon), ya itu tadi soal kinerja kabinet, yang lebih utama silaturahmi," ucapnya.

Johan lantas menyebut memberikan pendapat terhadap kabinet Jokowi lantaran kerap memperhatikan kinerja para menteri berdasarkan masukan dari dapilnya. Selain itu, menurutnya, Jokowi memang terbuka terhadap pendapat lain.

"Dari mana saya memberi masukan? Saya kan sering ke dapil juga, sehingga apa yang saya rasakan, saya lihat di masyarakat itu saya sampaikan kepada Pak Presiden secara langsung. Kedua, Pak Presiden Jokowi juga senang mendapat informasi-informasi dari siapa pun, saya menyebutnya semacam second opinion yang berkaitan dengan tugas para menterinya," ujarnya.

Untuk diketahui, Johan Budi sempat bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana. Johan Budi saat itu mengaku menyampaikan informasi terkait hal-hal yang berkaitan tugasnya di DPR.

"Sebelumnya memang saya ingin bersilaturahmi, kemudian juga kan saya juga pernah di sini dulu. Kemudian juga ingin memberikan informasi-informasi terkait dengan apa yang sekarang jadi tugas saya di DPR. Jadi tadi ketemu Pak Presiden kemudian ya say hello, menanyakan kabar gitu ya. Pak alhamdulillah pada sehat semua. Terus saya diskusikan hal-hal berkaitan dengan tugas saya di DPR," kata Johan Budi kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Pertemuan empat mata dengan Jokowi itu, kata Johan Budi, sudah diajukannya sejak beberapa waktu lalu. Pertemuan baru bisa terlaksana pada hari ini.

"Sekali lagi beberapa waktu lalu kan saya mengkomunikasikan ke protokol bahwa saya ingin menghadap bapak Presiden, bersilaturahim juga ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan. Kemudian semalam direspons saya diterima hari ini, hari Rabu di Istana Merdeka. Jadi jangan dikemana-manakanlah," ujar Jokowi.

(maa/gbr)