Cek Jalan Rusak Usai Warga Kirim Jeruk ke Jokowi, Wabup Karo: Perbaikan 2022

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Senin, 06 Des 2021 13:04 WIB
Wabup Karo saat meninjau jalan rusak di Liang Melas Datas (dok. Instagram Wabup Karo)
Foto: Wabup Karo saat meninjau jalan rusak di Liang Melas Datas (dok. Instagram Wabup Karo)
Karo -

Wakil Bupati Karo, Theophilus Ginting, meninjau jalan rusak di Liang Melas Datas usai warga setempat mengirim jeruk 1 truk ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Theo mengatakan perbaikan jalan dilakukan 2022.

Kedatangan Theo ke Liang Melas Datas ini dibagikan Theo dalam Instagram pribadinya @theo_pilusginting seperti dilihat detikcom, Senin (6/12/2021). Theo mengatakan dia datang bersama Kepala BPJN Sumut Selamet Rosidi pada Minggu (5/12).

"Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, anggaran untuk pembangunan jalan kawasan Liang Melas Datas telah masuk dalam APBD dan pembangunan jalan tersebut akan dilaksanakan di tahun 2022 mendatang," tulis Theo.

Theo meminta masyarakat mau merelakan lahan yang terdampak pembangunan jalan. Dia berharap pembebasan lahan tidak menjadi penghambat pembangunan jalan karena anggaran dari Pemkab Karo terbatas.

"Pasalnya anggaran dari pemerintah hanya bisa dipakai untuk membangun jalan. Tidak dapat dipakai untuk ganti rugi kepada pemilik lahan. Maka dari itu, mari sama-sama kita kawal proses pembangunan jalan ini. Kami berharap tidak ada lagi hambatan proses pembangunan khususnya terkait lahan," tulis Theo.

Sebelumnya, sejumlah warga dari Liang Melas Datang, Karo, mengirimkan satu truk jeruk ke Presiden Jokowi. Pengiriman itu dengan maksud agar Presiden memperbaiki jalan di wilayah mereka yang rusak.

"Kami mau ngantar oleh-oleh sama bapak Presiden kita Joko Widodo, kami dari Liang Melas Datas. Jadi itu lah tujuan kami, mengantar oleh-oleh atau buah jeruk," kata tokoh masyarakat Liang Melas Datas, Setia Sembiring, Jumat (3/12).

Setia berharap Jokowi memberi perhatian kepada daerahnya. Dia mengatakan jalan yang rusak itu terdapat di enam desa dan tiga dusun di Liang Melas Datas.

"Mudah-mudahan jadi perhatian Bapak, Desa Liang Melas, sebab kondisi jalan agak susah. Dengan adanya kami mengantar oleh-oleh, mungkin nanti bisa jadi perhatian bapak," ujarnya.

Dia mengatakan kerusakan jalan di wilayahnya sudah terjadi 40 tahun. Dia menyebut jalan di desanya sempat diperbaiki, namun rusak lagi.

"Ada (perbaikan), tapi sekadar saja. Rusak lagi. Sudah beberapa kali ini kami bilang sama Bupati Karo, dana kurang gitu (jawab Bupati). Jadi kami ingin bilang sama Bapak Jokowi agar dia bisa membantu daerah Karo, khususnya Liang Melas," jelas Setia.

(afb/haf)