Banjir Rendam 3 Kecamatan di Lombok Barat, 358 KK Terdampak

Faruk Nickyrawi - detikNews
Senin, 06 Des 2021 12:46 WIB
Banjir di Lombok Barat, NTB. (dok. Istimewa)
Foto: Banjir di Lombok Barat, NTB. (dok. Istimewa)
Mataram -

3 Kecamatan di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) direndam banjir akibat diguyur hujan lebat sejak Minggu (5/12) lalu. 358 Kepala keluarga terdampak, dimana sebagian dari mereka harus mengungsi.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah pulau Lombok sejak hari Minggu hingga Senin pagi. Sehingga menyebabkan luapan sungai yang merendam beberapa Desa di Kabupaten Lombok Barat," kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTB, Sahdan dalam keterangan tertulisnya Senin (6/12/2021).

3 Kecamatan yang terendam banjir tersebut ialah Kecamatan Sekotong, Kecamatan Batu Layar, dan Kecamatan Gunung Sari. Air mulai masuk wilayah permukiman warga sejak Senin (6/12) pukul 09.00 Wita.

Hingga kini petugas masih melakukan evakuasi terhadap warga yang rumahnya terendam banjir.

"Tim TRC BPBD Provinsi NTB bersama TRC Kabupaten kota sedang melakukan evakuasi ke lokasi bencana Gunungsari dan sekitarnya," jelasnya.

Sahdan mengatakan, selain banjir, bencana longsor juga terjadi di Kecamatan Sekotong. Untuk itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh kabupaten/kota untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir.

"Untuk banjir dan longsor Sekotong, BPBD Provinsi telah berkoordinasi dengan Pemda Lobar untuk segera berkonsentrasi menangani bencana tersebut," tuturnya.

Sebanyak 358 Kepala keluarga terdampak akibat banjir ini. Kondisi terparah terjadi di Desa Ranjok tepatnya di BTN Bhayangkara dengan 200 lebih kepala keluarga.

"Kondisi saat ini Tim Gabungan masih melakukan evakuasi korban terdampak," ujarnya.

(nvl/nvl)