Mahfud Md Cerita Karma Bisa Bikin Orang Takut Korupsi

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 06 Des 2021 12:40 WIB
Mahfud Md bertemu dengan Jenderal Andika Perkasa
Mahfud Md (Foto: dok Kemenko Polhukam)
Jakarta -

Mahfud Md berkisah tentang masih maraknya korupsi di Indonesia. Bagi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) itu, ada nilai-nilai yang dianut masyarakat Indonesia yang bisa dikemas untuk pencegahan korupsi.

"Perasaan dosa. Kalau saya hanya takut pada hukum, saya bisa main-main, bisa membeli hukum itu tapi saya sebagai orang yang beriman, sebagai orang yang punya moral, meskipun saya bisa membeli hukum, saya dosa," ucap Mahfud saat menjadi pembicara dalam acara 'Diskusi Panel Mewujudkan Sinergi Antar Aparat Penegak Hukum dan Instansi Terkait' yang disiarkan lewat YouTube KPK RI, Senin (6/12/2021).

Menurut Mahfud, publik seharusnya dibuat takut terhadap nilai-nilai yang tumbuh seperti kearifan lokal. Mahfud mengatakan karma bisa jadi efektif untuk membuat masyarakat atau pejabat tidak bermain rasuah.

"Kearifan lokal kita itu mengajarkan, bahkan, ya hampir-hampir miriplah dengan agama. Derita yang disebut karma. Kamu boleh bebas karena pintar kamu menghindar dari hukum tapi karma akan datang kepadamu," ucap Mahfud.

"Maka kalau orang-orang cerita, 'Itu anaknya hancur berantakan, kenapa? Karena bapaknya korupsi'. Itu dia makan uang haram, anaknya terlibat narkoba, dia makan uang haram, anaknya tertangkap memperkosa orang atau diperkosa orang atau apa. Itu orang sering menyebut itu karma. Meskipun tidak mutlak seperti itu ya tapi perasaan moral orang ketika orang bicara hukum karma itulah dosa, takut orang korupsi misalnya," imbuhnya.

Kemudian Mahfud mencontohkan soal adanya hakim yang melakukan korupsi sepanjang jabatannya. Modusnya disebut Mahfud dengan menitipkan uang ke temannya.

"Seorang hakim gitu menyimpan uang banyak sekali, miliaran, dititip ke temannya, karena dia takut lapor ke KPK. Sesudah pensiun, karena rekening atas nama temannya, temannya lari. Dia mau nagih nggak berani. Kalau dia bilang kamu uang dari mana," ucap Mahfud.

"Akhirnya apa? Sakit. Sakitnya apa? Sakitnya ini... di Malang, duduk begini nih. Kalau mau tidur harus disuntik. Kalau mau bangun harus disuntik. Uangnya banyak tapi nggak ada gunanya. Itulah karma, yang harus ditakuti ya kayak gitu-gitu, jangan hanya masuk penjara diborgol mungkin 4 tahun 3 tahun bisa 20 tahun tapi banyak yang gitu-gitu orang nggak takut," imbuhnya.

(dhn/dwia)