Kota Makassar Siaga Bencana, Walkot Minta Waspada Kawasan Rawan Banjir

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Senin, 06 Des 2021 09:32 WIB
Walkot Makassar Ramdhan Danny Pomanto. (Hermawan/detikcom)
Foto: Walkot Makassar Ramdhan 'Danny' Pomanto. (Hermawan/detikcom)
Makassar -

Pemerintah Kota Makassar mengeluarkan perintah siaga bencana pada kondisi cuaca buruk. Wali Kota Makassar Danny Pomanto meminta posko siaga bencana di setiap kelurahan diaktifkan.

"Kepada seluruh masyarakat Kota Makassar agar bersiaga jika terjadi hujan lebat pada jam 16.00 Wita sampai 04.00 Wita dini hari, terkhusus kawasan banjir kronis," kata Danny dalam keterangannya, Senin (6/12/2021).

Danny mengatakan untuk mengantisipasi kondisi cuaca buruk, kondisi kecepatan angin, dan pasang nai, maka sejak hari 5 Desember hingga 7 Desember 2021, diperintahkan kepada semua SKP termasuk camat dan lurah untuk mengantisipasi terjadinya gangguan genangan, bencana banjir, dan bencana angin puting beliung.

"Untuk melaksanakan prosedur siaga bencana dengan mengaktifkan semua recover center sebagai posko siaga bencana di semua kelurahan dan segera berkoordinasi dengan BPBD," sebut dia.

Kepada BPBD Kota Makassar, dia meminta agar war room khusus bencana diaktifkan, untuk memonitoring 153 kelurahan dan 15 kecamatan di Makassar. Dia juga memerintahkan agar laporan ini diberikan setiap per 2 jam.

Terpisah, BMKG Wilayah V Makassar dalam keterangannya, juga telah mengeluarkan peringatan dini soal potensi cuaca ekstrim di wilayah Sulsel yang akan terjadi pada 5-7 Desember 2021. Kepada BBMKG Wilayah V Makassar Darmawan menyebut cuaca ekstrim yang muncul diakibatkan adanya peningkatan Monsun Asia. Fenomena ini menyebabkan meningkatnya suhu muka laut di wilayah Selat Makassar dan Teluk Bone.

Oleh karenanya, fenomena ini akan berpotensi menyebabkan terjadinya hujan sedang hingga lebat, angin kencang, dan juga gelombang tinggi.

Simak Video 'Prakirawan BMKG Beberkan Fenomena di Atmosfer Pemicu Hujan Lebat':

[Gambas:Video 20detik]



(fiq/aik)