Urusan Mahasiswi Tewas Berujung Terhenti Sementara Menwa UPN Veteran

Tim detikcom - detikNews
Senin, 06 Des 2021 06:30 WIB
Sekretariat Menwa UPN disegel (Dok istimewa)
Foto: Sekretariat Menwa UPN disegel (Dok istimewa)
Jakarta -

Kasus tewasnya seorang mahasiswi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) bernama Fauziyah Nabilah membuat kegiatan Resimen Mahasiswa (Menwa) dihentikan sementara. Fauziyah sendiri tewas saat mengikuti kegiatan pembaretan Menwa itu.

Kegiatan pembaretan Menwa dilakukan tanpa seizin pimpinan universitas. Oleh karena itu, panitia kegiatan itu terbukti melanggar Peraturan Rektor.

"Mahasiswa Menwa terbukti melakukan pelanggaran Pasal 74 huruf i Peraturan Rektor UPN Veteran Jakarta Nomor 10 Tahun 2020 tentang Kemahasiswaan," kata Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) Erna Hernawati dalam keterangan pers tertulis, Minggu (5/12/2021).

Erna mengatakan pihaknya juga menjatuhkan sanksi kepada pengurus organisasi Menwa berupa larangan aktif sebagai pengurus ormawa. Pengurus Menwa juga diwajibkan membuat surat pernyataan tidak akan melakukan pelanggaran serupa atau pelanggaran lainnya.

"Pengurus Menwa diberhentikan dan untuk organisasi akan dievaluasi dan dibina lebih lanjut. Bentuk-bentuk evaluasi dan pembinaan akan ditentukan kemudian," kata Erna.

Simak Video 'Kegiatan Mahasiswa Berujung Maut, DPR Minta Kemendikbud Turun Tangan':

[Gambas:Video 20detik]