Golkar Lumajang Salurkan Sembako ke Warga Terdampak Erupsi Semeru

Erika Dyah - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 20:13 WIB
Golkar
Foto: Golkar
Jakarta -

Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Kabupaten Lumajang bergerak cepat membantu warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Adapun bantuan yang diberikan antara lain sembako dan kebutuhan harian untuk masyarakat, khususnya di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro.

"Sejak tadi malam (4 Desember, red.), Partai Golkar Lumajang langsung bergerak cepat membantu masyarakat yang terdampak erupsi Semeru. Tadi malam kami membawa bantuan berupa sembako dan pakaian layak yang bisa mereka pakai untuk sehari-hari. Hari ini sedang siapkan pakaian dalam, susu, selimut, kasur lipat, obat-obatan dan kebutuhan lain," ungkap Ketua DPD Partai Golkar Lumajang, Suigsan dalam keterangan tertulis, Minggu (5/12/2021).

Ia menjelaskan kondisi Desa Sumberwuluh, Sumber Mujur, dan Penanggal sejak malam Sabtu (4/11) hingga siang ini terus menerus mengalami hujan, sehingga masyarakat yang tinggal di pengungsian sementara membutuhkan selimut penghangat.

"Menyangkut kebutuhan warga di tiga desa yang perlu dipenuhi saat ini adalah sembako dan pakaian. Sejak kemarin malam hingga siang ini hujan berlangsung terus menerus sehingga otomatis membutuhkan selimut dan sarung bagi warga yang berada di balai desa dan gedung sekolah," jelasnya.

Anggota DPRD Lumajang ini menambahkan erupsi Semeru telah memutus Jembatan Gladak Perak yang merupakan satu-satunya akses penghubung Lumajang dan Malang. Ia menyebutkan hal ini otomatis berpengaruh terhadap distribusi logistik yang akan disalurkan ke warga di Kecamatan Pronojiwo.

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Jawa Timur M. Sarmuji mengatakan dirinya secara spesifik telah memerintahkan DPD Golkar sekitar Kabupaten Lumajang, seperti Kabupaten Malang, Jember, dan Bondowoso untuk segera membantu masyarakat Lumajang yang terdampak parah.

"Saya juga sudah perintahkan kepada DPD Golkar Jember dan DPD Golkar Malang serta DPD Golkar sekitarnya, terutama Golkar Malang untuk segera membantu masyarakat di Kecamatan Pronojiwo karena wilayah Pronojiwo sangat dekat dengan Malang dan juga memiliki dampak erupsi yang cukup luas," pungkasnya.

(ega/ega)