1 RT di Kepulauan Seribu Terendam Banjir Rob

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 13:11 WIB
Ilustrasi Jalan tertutup akibat banjir, pengalihan arus akibat banjir, awas banjir
Foto ilustrasi banjir. (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Banjir rob akibat air pasang terjadi di Kepulauan Seribu, Jakarta. Pemprov DKI Jakarta mencatat saat ini terdapat 1 RT yang terendam air.

"Informasi genangan saat ini ada 1 RT atau 0,003 % dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta M Insyaf dalam keterangannya, Minggu (5/12/2021).

Insyaf menjelaskan data itu diambil hari ini pukul 10.30 WIB. Adapun kawasan Kepulauan Seribu yang terdampak banjir rob adalah Kelurahan Pulau Kelapa, dengan ketinggian air mencapai 40 cm.

"Ketinggian 40 cm dengan jumlah 1 RT. Penyebab rob," jelasnya.

Sejauh ini, tidak ada warga yang mengungsi akibat banjir rob itu. Kondisi genangan tengah ditangani kelurahan setempat, PPSU, BPBD, Damkar, hingga Satpol PP.

"Ditargetkan akan surut dalam waktu cepat," imbuhnya.

Sebelumnya pada Sabtu (4/12) lalu, banjir rob sempat menerjang Kelurahan Pulau pari di Kepulauan Seribu Selatan, Jakarta. Air pasang setidaknya menggenangi 6 titik, yakni Jl Ketapang RT 01 RW 01 Pulau Lancang, RPTRA Klanceng Putih Pulau Lancang, Gang Empang RT 02 RW 03 Pulau Lancang, Pantai Mangrove Pulau Lancang, pantai Pasir Perawan Pulau Pari, dan Pantai Bintang Pulau Pari. Ketinggian air bervariasi, dari 50 cm hingga 1,3 meter.

Selain di Kepulauan Seribu, banjir banjir rob sebelumnya menggenangi Jalan Lodan Raya, Pademangan, Jakut, sejak tadi pagi. Polisi mengklaim ketinggian air rob di Jl Lodan Raya mulai surut.

Simak Video 'Banjir Rob Masih Genangi Pademangan Jakarta Utara':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/dwia)