Polisi Usut Pengadaan Alkes RS Siti Fatimah Makassar Diduga dari Black Market

Hermawan Mappiwali - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 11:39 WIB
Seorang tenaga kesehatan membuang baju hazmat usai bertugas merawat pasien di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa(15/6/2021). Menurut Koordinator RSDC Wisma Atlet Kemayoran Mayjen TNI Tugas Ratmono, pihaknya menambah jumlah kapasitas tempat tidur menjadi 7.394 dari 5.994 akibat tingginya penularan COVID-19 di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nz
Ilustrasi (Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Makassar -

Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) mengusut kasus dugaan korupsi alat kesehatan (alkes) di RS Siti Fatimah, Kota Makassar. Penyidik mensinyalir pengadaan alkes di rumah sakit ini dibeli dari pasar gelap alias black market pada 2016 hingga diduga pula terjadi mark up harga alkes di dalamnya.

"Itu RS (Siti) Fatimah mark up dan black market, iya (pengadaan alkesnya) dan sudah diatur sedemikian rupa," ungkap Kasubdit III Tipidkor Ditreskrimsus Polda Sulsel Kompol Fadli kepada detikcom, Minggu (5/12/2021).

Fadli mengatakan RS Siti Fatimah, yang merupakan rumah sakit khusus ibu dan anak milik Pemprov Sulsel, melakukan pengadaan berbagai jenis alkes pada 2016 dengan total anggaran sekitar Rp 20 miliar.

"Semua alkes, banyak itu, semua jenis alkes. Pengadaannya 20 M lebih itu," tutur Fadli.

Atas dugaan mark up harga alkes hingga dibeli dari pasar gelap tersebut, negara diperkirakan mengalami kerugian hingga Rp 9 miliar.

"Kerugian negara kurang-lebih Rp 9 M. Nanti kurang-lebih seperti itu (setelah audit)," sebut Fadli.

Dia mengatakan BPK kini tengah melakukan audit untuk menghitung kerugian negara. Dia menambahkan penyidik hanya menunggu hasil audit untuk melakukan gelar perkara penetapan tersangka di kasus ini.

"Sementara nunggu hasil audit, sudah diaudit BPK, itu tersangkanya banyak itu," pungkas Fadli.

Simak juga 'Tok! Eks Pejabat Kemenkes Divonis 2 Tahun Bui atas Kasus Korupsi Alkes':

[Gambas:Video 20detik]



(hmw/isa)