Walkot Makassar Jajal Olahraga Katapel: Solusi Cegah Tawuran Pemuda

Ibnu Munsir - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 11:33 WIB
Katapel
Wali Kota Makassar Danny Pomanto menjajal permainan katapel. (Ibnu Munsir/detikcom)
Makassar -

Olahraga rekreasi digelar di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto turut mencoba salah satunya, yaitu katapel.

Katapel menjadi salah satu olahraga tradisional yang dipertontonkan dalam kegiatan itu. Menggunakan katapel dan sebutir biji agel, para anak muda tampak beraksi menjatuhkan sasaran tembak yang jaraknya sekitar 10 meter.

Danny Pomanto yang hadir di lokasi turut unjuk gigi. Dia mencoba katapel sekaligus menyampaikan bila olahraga ini bisa menjadi solusi bagi maraknya tawuran di daerahnya.

"Kita tahu sendiri mereka memakai busur (saat tawuran) jadi bisa dilombakan dengan lomba katapel dan ini bisa menjadi solusi," ucap Danny di Lapangan Karebosi, Minggu (5/12/2021).

"Ini olahraga rekreasi menarik dan jarang bertemu dengan anak-anak Kota Makassar. Momen ini menyatukan mereka. Olahraga ini bisa menjadi rekreasi bagi anak-anak muda, ini bisa menjadi solusi bagi anak-anak kita khususnya yang kerap melakukan perang kelompok di Makassar," tambahnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar Husni Mubarak. Kegiatan ini disebut Husni bisa mengarahkan para pemuda di Makassar untuk melakukan kegiatan yang lebih positif.

"Kita mau kembangkan ini olahraga supaya memiliki nilai-nilai positif buat adik-adik kita. Target kami pelajar SMP dan SMA, ini olahraga rekreasi, ini olahraga tradisional," kata Husni.

"Dengan adanya kegiatan ini olahraga ini bisa arahkan adik-adik kita untuk bukan di jalan saja main busur tapi di sini bisa berprestasi dengan olahraga begini," imbuhnya.

Sedikitnya ada ratusan pelajar SMP dan SMA di Makassar yang mengikuti olahraga rekreasi ini. Tampak sejumlah olahraga mulai dari panah, katapel, senam, bola, hingga permainan tradisional, seperti kelereng dan egrang.

Simak juga 'Razia Cegah Tawuran, Polisi di Makassar Dapati 78 Butir Pil Koplo':

[Gambas:Video 20detik]



(dhn/dhn)