Kepala BNPB: Status Darurat Gunung Semeru Bakal Ditentukan Bupati Lumajang

Yulida Medistiara - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 21:18 WIB
gunung semeru meletus
Foto: Tangkapan Layar (Video amatir warga)
Jakarta -

Kepala BNPB Suharyanto mengatakan pemerintah terus berkoordinasi terkait penanganan pengungsi bencana erupsi Gunung Semeru. Suharyanto mengatakan status darurat bencana Gunung Semeru akan dikaji dan ditentukan oleh jajaran Bupati Lumajang.

Suharyanto mengatakan penanganan bencana erupsi Gunung Semeru nantinya akan dikaji oleh unsur pemerintah daerah BPBD, unsur Forkopimda, dan TNI-Polri di Kabupaten Lumajang. Dalam kajian tersebut nantinya akan ditentukan status darurat atau tidak.

"Nah, hasil kajian ini nanti oleh Bupati Lumajang, beliau akan menentukan apakah ditetapkan menjadi status darurat atau tidak," kata Suharyanto dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube BNPB, Sabtu (4/12/2021).

"Nah, biasanya kalau gunung erupsi seperti ini, karena sudah banyak pengungsi, pasti itu akan ditetapkan menjadi status darurat," ujar Suharyanto.

Sementara itu, jika telah berstatus darurat, kata Suharyanto, nantinya posko yang telah disiapkan pada tahap pencegahan akan segera diaktifkan. Selanjutnya BNPB akan melakukan operasi tanggap darurat dan membentuk sub-sub satgas, misalnya sub-satgas pengungsian dan sub-satgas pencarian orang hilang.

"Kemudian juga ada gangguan kesehatan berarti Kementerian Kesehatan masuk di situ, kemudian apabila ada yang hilang, apabila misalnya kan penambang pasir misalnya ada hilang nanti juga ada kasubsatgas untuk mencari untuk klaster-klaster penyelamatan," ujarnya.

Sebelumnya, Gunung Semeru di Jawa Timur (Jatim) mengalami erupsi atau meletus hari ini. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau warga terdampak erupsi Gunung Semeru tak termakan berita bohong atau hoax.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, khususnya di lokasi terdampak, agar tetap tenang, waspada, dan terus mengikuti informasi dari pemerintah, dalam hal ini Pusat Vulkanologi dan BNPB beserta aparat pemerintah lainnya," kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto saat jumpa pers, Sabtu (4/12/2021).

"Jangan termakan isu-isu atau hoax atau berita-berita yang menyesatkan," imbuhnya.

Simak video 'Berikut 3 Titik Lokasi Pengungsian Korban Erupsi Semeru di Lumajang':

[Gambas:Video 20detik]



(yld/idh)