Wabup Lumajang Minta Heli Evakuasi 10 Warga Terjebak Erupsi, BNPB Siap Kirim

Haris Fadhil - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 21:08 WIB
Erupsi Semeru, 4 Desember 2021. (Dok Humas BNPB)
Foto: Erupsi Semeru, 4 Desember 2021. (Dok Humas BNPB)
Jakarta -

Wakil Bupati Lumajang Indah Masdar meminta BNPB mengerahkan helikopter untuk mengevakuasi warga terjebak di area terdampak erupsi Gunung Semeru. Dia berharap helikopter bisa dikerahkan jika memungkinkan.

"Apabila cuaca memungkinkan, ada helikopter yang bisa memantau rakyat kami yang terjebak. Kami kesulitan betul," ucap Indah dalam konferensi pers daring yang disiarkan kanal YouTube BNPB Indonesia, Sabtu (4/12/2021).

Dia mengaku kasihan karena keluarga dari warga yang terjebak terus-menerus menangis. Menurutnya, ada sepuluh orang yang terjebak di area terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Kasihan, ini keluarganya menangis semua ini karena ada sekitar delapan sampai sepuluh orang terjebak, barangkali ada heli yang bisa memantau," ucapnya.

Kepala BNPB Suharyanto kemudian menjawab permintaan Indah. Dia mengatakan ada dua helikopter yang disiagakan untuk evakuasi jika cuaca memungkinkan.

"Keselamatan rakyat ini yang diutamakan. Jadi kalau nanti memungkinkan, cuacanya bagus, BNPB juga mengerahkan kalau pakai darat tidak bisa, ya pakai heli. Kita siapkan juga dua unit helikopter," ucapnya.

"Jadi Bu Wabup jangan khawatir," tuturnya.

Simak video 'Korban Erupsi Semeru Alami Luka Bakar, Kemenkes Pastikan Puskesmas Siap':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/idh)