BMKG: Abu Vulkanik Semeru Belum Terlihat Ganggu Aktivitas Penerbangan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 21:04 WIB
Erupsi Semeru, 4 Desember 2021. (Dok Humas BNPB)
Foto: Erupsi Semeru, 4 Desember 2021. (Dok Humas BNPB)
Jakarta -

Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan BMKG, Edison Kurniawan mengatakan sebaran abu vulkanik akibat erupsi Gunung Semeru belum mengganggu operasional penerbangan. Edison menerangkan ada tiga bandara yang berada di wilayah terdampak abu vulkanik di antaranya Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulonprogo, Bandara Adi Soemarmo di Boyolali dan Bandara Abdul Rachman Saleh di Malang.

"Aktivitas dari Gunung Semeru tersebut memperlihatkan bahwa memang untuk tiga wilayah terdampak yakni Stasiun Yogyakarta International Airport, berdasarkan hasil pantauan di lapagan sampai saat ini belum terlihat adanya pengaruh dari abu vulkanik yang masuk ke wilayah tersebut," kata Edison dalam konferensi pers daring, Sabtu (4/12/2021) malam.

"Demikian pula untuk di Bandara Adi Soemarmo dan juga di Malang," sambung dia.

Edison menerangkan, potensi pergerakan abu vulkanik mengarah ke barat laut pada ketinggian 0-30.000 feet. Kemudian potensi abu vulkanik mengarah ke barat pada ketinggian 30.000-50.000 feet.

"Berdasarkan hasil pantauan dari BKMG, dalam hal ini pantauan dari Stasiun Meteorologi Juanda, memperlihatkan bahwa potensi abu vulkanik pada malam hari ini bergerak ke arah barat laut pada ketinggian 0 sampai 30.000 feet. kemudian hingga di atas 50.000 feet bergerak ke arah barat," jelas Edison.

Edison memastikan BMKG terus memantau perkembangan aktivitas Gunung Semeru. Edison juga menyebut koordinasi dengan Airnav menjadi hal utama.

"Kami dari BMKG tetap terus memantau perkembangan aktivtas dari Gunung Semeru tersebut. Dan juga terutama berkoordinasi dengan pihak Airnav untuk mengetahui bagaimana potensi yang terjadi dari aktivitas tersebut," terang Edison

"Kami akan terus memantau kegiatan tersebut yang tentunya sangat mempengaruhi bagi aktivitas penerbangan," pungkas dia.

Tonton video 'Banjir Lahar Semeru, Jembatan Penghubung Lumajang-Malang Putus':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/idh)