Monumen Pahlawan COVID-19 Dipuji Wapres Ma'ruf sebagai Penghormatan

Nada Zeitalini Arani - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 18:40 WIB
Wapres Maruf Amin
Foto: dok. Pemprov Jabar
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan apresiasi terhadap Monumen Pahlawan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) yang telah diresmikan. Ia turut hadir dalam peresmian tersebut didampingi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Ma'ruf Amin menyambut baik hadirnya Momen Pahlawan COVID-19 Jabar tersebut. Menurutnya dengan adanya monumen ini menjadi sebuah bentuk penghargaan kepada para pahlawan COVID-19 yang telah gugur.

"Dan saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya. Kita memang bangsa yang selalu menghargai para pahlawan, dan hari ini saya mengapresiasi Gubernur Jawa Barat karena beliau memiliki inisiatif untuk mengekspresikan bagaimana penghormatan itu diwujudkan dalam bentuk monumen," kata Ma'ruf Amin dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/12/2021).

Ia menjelaskan bahwa monumen juga sebagai pengingat bagi generasi masa depan. Pada hari ini Jawa Barat pernah punya pahlawan yang rela berjuang untuk menyelamatkan masyarakat dan menjadi garda terdepan dalam penanganan COVID-19.

"Ini pelajaran bagi kita semua sebagai bangsa bagi generasi yang akan datang, yang harus selalu menghargai para pahlawan. Mereka yang gugur dalam menangani COVID-19 adalah pahlawan ke semua bangsa," kata Ma'ruf Amin.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga mengatakan, monumen ini sebagai bentuk terima kasih dari masyarakat masih hidup kepada para tenaga kesehatan dan relawan yang gugur akibat pandemi COVID-19.

"Jadi ini adalah rasa terima kasih kami yang hari ini masih diberikan nikmat hidup, selamat dari pandemi yang menjadi perjuangan para pahlawan tenaga kesehatan. Relawan, tenaga kesehatan, dokter ada 200-an lebih yang berpulang dalam perjuangan," kata Ridwan Kamil.

Monumen Pahlawan COVID-19 Jawa Barat sendiri berada di dalam kawasan Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Dua monumen ini bisa dijadikan pengingat bagi perjuangan rakyat Jawa Barat yang pertama adalah melawan kolonialisme dan yang kedua melawan COVID-19.

"Dan lokasinya berada di sepanjang kawasan Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Kalau yang ujung namanya monumen perjuangan Jawa Barat melawan kolonialisme, ini perang melawan pandemi," kata pria yang kerap disapa Kang Emil.

Monumen yang terbuka untuk umum ini diharapkan bisa dikunjungi siapapun. Masyarakat bisa berkunjung untuk sekedar mengingat, mengucapkan terima kasih hingga berdoa untuk para pahlawan COVID-19 yang gugur.

"Dan mudah-mudahan mereka yang berpulang ini mendapatkan kehormatan dan ruangnya pun terbuka mendoakan, memberikan bunga dan sebagainya," ucap Ridwan Kamil.

Sebelum peresmian turut dihadirkan persembahan tarian dan pembacaan puisi. Tari-tarian dan puisi ini merupakan gambaran kondisi para tenaga kesehatan yang berjuang dengan gigih melawan pandemi COVID-19.

(prf/ega)