Anak Ahok Harap Polisi Segera Periksa Ayu Thalia di Kasus Dugaan Fitnah

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 14:02 WIB
Nicholas Sean
Foto: Nicholas Sean/detikcom
Jakarta -

Pihak Nicholas Sean Purnama buka suara setelah polisi menyetop kasus dugaan penganiayaan yang dilaporkan Ayu Thalia. Pihak Sean meminta Ayu Thalia segera diperiksa di kasus dugaan pencemaran nama baik dan fitnah.

"Mudah-mudahan segera memproses dengan cepat memanggil Ayu Thalia untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya," kata pengacara Sean Purnama, Ahmad Ramzy, kepada wartawan, Sabtu (4/12/2021).

Sean memang telah melaporkan balik Ayu Thalia ke Polres Metro Jakarta Utara terkait dugaan pencemaran nama baik dan fitnah. Ramzy mengatakan laporan itu masih dalam penyelidikan.

Dia menyebut tidak ada permintaan maaf yang disampaikan Ayu Thalia kepada Sean setelah kasus dugaan penganiayaan disetop karena dianggap tidak terbukti. Ramzy menyebut laporan baliknya kepada selebgram itu terus berlanjut hingga sekarang.

"Belum ada (permintaan maaf dari Ayu Thalia). Sampai saat ini kita jalan terus proses hukum," katanya.

Ramzy mengatakan sejumlah bukti baru telah diberikan kepada penyidik terkait laporan dugaan pencemaran nama baik. Bukti-bukti itu berupa wawancara Ayu Thalia di media soal pengakuan menjadi korban penganiayaan oleh Sean Purnama.

"Kemarin Jumat kita sudah dilakukan pemeriksaan dan sudah menyerahkan barang bukti juga, link-link dan video-video yang kita anggap merupakan bukti terkait laporan polisi kita," ujar Ramzy.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Guruh Arif Darmawan sebelumnya mengatakan pihaknya telah melakukan penyidikan laporan selebgram Ayu Thalia soal dugaan penganiayaan oleh Nicholas Sean Purnama. Sean merupakan dari Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Hasilnya, dugaan penganiayaan itu tidak terbukti.

"Ya kita sudah lihat dan memeriksa saksi, cek CCTV segala macam, tidak ada bukti pendukung yang mengarah ke sana (tindakan penganiayaan)," ujar Guruh.

Dia mengatakan polisi telah secara resmi menghentikan penyidikan kasus tersebut. Kasus dinyatakan ditutup.

"Ya karena tidak terbukti, kita kan sudah cek semua, saksi, bukti, segala macam, tidak terbukti. Ya sudah, selesai, berhenti (penyidikan)," ujar Guruh.

Perseteruan Sean Purnama dengan Ayu Thalia berawal dari laporan Ayu ke Polsek Penjaringan. Saat itu Ayu melaporkan Sean atas dugaan tindakan penganiayaan.

Tidak terima dianggap melakukan penganiayaan, pihak Sean melaporkan balik Ayu Thalia ke Polres Metro Jakarta Utara pada Selasa (31/8). Ayu Thalia dilaporkan atas dugaan tindakan pencemaran nama baik dan fitnah. Perempuan yang akrab disapa Thata Anma ini dilaporkan atas pelanggaran di Pasal 310 dan 311 KUHP.

(ygs/haf)