Bule Prancis Tewas Saat Ikut Ritual Naik ke Pura di Atas Bukit di Bali

Sui Suadnyana - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 13:23 WIB
Bule lansia asal Prancis tewas saat daki bukit menuju pura di Karangasem, Bali.
Bule lansia asal Prancis tewas saat mendaki bukit menuju pura di Karangasem, Bali. (Foto: dok. Polsek Abang)
Denpasar -

Warga negara (WN) Prancis, Dominique Marle (73), tewas saat mendaki menuju Pura Lempuyang Luhur di puncak Bukit Lempuyang, Bali. Pria tersebut diduga tewas akibat kelelahan.

"Diduga korban kelelahan sehingga terjatuh dan membentur tepi tangga jalan menuju Pura Lempuyang Luhur," kata Kapolsek Abang AKP I Kadek Suadnyana dalam keterangan tertulis yang dikutip detikcom, Sabtu (4/12/2021).

Suadnyana menuturkan bule tersebut ikut dalam rombongan upacara agama Dadia warga Pande dari Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Bangli, menuju Pura Lempuyang Luhur di Dusun Purwayu, Desa Tribuana, Kecamatan Abang, Karangasem.

Rombongan upacara agama dari Dadia Warga Pande berangkat sekitar pukul 08.00 Wita. Rombongan tiba di Pura Penataran Lempuyang sekitar pukul 12.00 Wita.

Setelah itu, rombongan kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki naik ke puncak Bukit Lempunyang menuju Pura Lempuyang Luhur. Namun, di pertengahan jalan, yakni di seputar area Pura Pasar Agung, lansia itu mengalami kelelahan.

Saat Dominique mengaku kelelahan, salah satu warga rombongan, yakni Ni Made Yasmini, meminta korban beristirahat dan tidak ikut melanjutkan perjalan ke puncak bukit. Namun korban memilih melanjutkan perjalanan.

"Kemudian baru berjalan sekitar kurang-lebih 50 meter dari Pura Pasar Agung, korban jatuh tersungkur dan membentur tepi anak tangga jalan menuju Pura Lempuyang. Kemudian korban pingsan dan sekira pukul 15.00 Wita. Korban meninggal dunia di lokasi," terang Suadnyana.

Selanjutnya korban dievakuasi menuju area Pura Telaga Mas. Bule tersebut kemudian dilakukan pemeriksaan medis yang dipimpin oleh dr Ida Bagus Indra Wibawa Putrawan.

Dari hasil pemeriksaan, ditemukan luka-luka di beberapa bagian tubuh jenazah, yakni pada bagian mata sebelah kiri dan wajah pelipis. Kemudian lutut bagian kanan lecet, lutut bagian kiri memar.

"Tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan. Selanjutnya jenazah bule itu diangkut kendaraan ambulans menuju RS Amlapura," jelas Suadnyana.

Tonton juga Video: WNA Diduga Mabuk Kendarai Mobil-Lawan Arus di Bali

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)