Gubernur Sumsel Tak Habis Pikir Dosen Unsri Diduga Cabuli Mahasiswi

M Syahbana - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 12:58 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru (Prima Syahbana/detikcom)
Gubernur Sumsel Herman Deru (Prima Syahbana/detikcom)
Palembang -

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru mengaku kaget saat mengetahui kasus dugaan pencabulan mahasiswi oleh dosen Universitas Sriwijaya (Unsri). Dia mengaku tak habis pikir kasus dugaan pencabulan terjadi di kalangan intelektual.

"Saya terkejut nonton itu di televisi. Saya nggak nyangka kalau masih saja terjadi yang begitu-begitu, padahal di kalangan intelektual," ucap Herman Deru di Palembang, Sabtu (4/12/2021).

Herman Deru meminta semua pihak menyerahkan kasus ini ke polisi. Dia mengingatkan semua pihak tidak menghakimi para terduga pelaku.

"Tapi kita juga tentu harus menggunakan asas praduga tak bersalah ya. Tidak boleh kita langsung menghakimi. Kita ada aparat hukum yang silakan dengan leluasa menyelidiki ini," ujarnya.

Dia mengatakan Pemprov Sumsel bakal terus memberi pendampingan terhadap mahasiswi diduga korban. Dia berharap pendampingan bisa membantu proses penyembuhan trauma terhadap korban.

"Saya akan turun dari Dinas Pemberdayaan Perempuan (Dinas PPPA) untuk pendampingan, termasuk trauma healing-nya," jelas Deru.

DPRD Panggil Rektorat Unsri

DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) juga turun tangan setelah kasus ini mencuat ke publik. DPRD telah memanggil rektorat Unsri serta pihak terkait lain terkait kasus ini.

"Saya sebagai Ketua DPRD sekaligus sebagai Ketua Kaukus Perempuan Sumsel ikut atensi terhadap kasus ini. Ini akan saya pantau sampai sejauh mana tindakan dari penegak hukum dari penyidikan ini," ucap Ketua DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.