Tak Ada Penindakan Saat Ganjil Genap di Depok Diuji Coba Besok

M Hanafi Aryan - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 22:08 WIB
Lalu lintas di Jl Margonda Raya, Jumat (3/12/2021) malam menjelang ganjil genap
Lalu lintas di Jl Margonda Raya, Jumat (3/12/2021) malam menjelang ganjil genap. (Hanafi/detikcom)
Jakarta -

Uji coba ganjil-genap di Jalan Margonda Raya, Depok, diberlakukan pada Sabtu (4/12/2021) besok. Polisi tidak akan melakukan penindakan selama uji coba ganjil-genap tersebut.

"Belum ada penindakan, sifatnya masih imbauan kepada masyarakat," ujar Kasat Lantas Depok AKBP Jhoni Eka Putra kepada wartawan, Jumat (3/12).

Jhoni mengimbau masyarakat untuk mematuhi kebijakan tersebut. Diharapkan, ganjil-genap menjadi solusi mengatasi kemacetan di jantung Kota Depok, terutama pada saat akhir pekan.

"Dan kami mengimbau kepada seluruh masyarakat terhadap kebijakan pelaksanaan ganjil-genap ini bisa didukung oleh semua pihak, sehingga permasalahan lalu lintas, khususnya di hari Sabtu dan Minggu bisa kita atasi secara bersama-sama," jelas Jhoni.

Jhoni mengatakan pihaknya mendapat dukungan dari Pemkot Depok untuk uji coba ganjil-genap ini. Sebanyak 168 personel gabungan polisi, TNI, Satpol PP, dan Dishub Depok akan mengamankan uji coba ganjil-genap ini besok.

"Jadi untuk besok tanggal 4 (Desember) kita sudah mulai uji lapangan. Pelaksanaannya kita laksanakan dengan melibatkan beberapa personel, baik dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP dengan sebanyak 168 personel gabungan. Yang kami sebar di sepanjang Jalan Margonda, Medan 9, sampai di bawah flyover UI," jelasnya.

Pelaksanaan uji coba ganjil-genap ini diberlakukan pada pukul 12.00-18.00 WIB. Ganjil-genap berlaku di sepanjang Jl Margonda Raya mulai kolong flyover UI sampai simpang Ramanda.

Data Volume Kendaraan Saat Weekend

Berdasarkan catatan Satlantas Depok, volume kendaraan di Jl Margonda Raya saat weekend Sabtu (20/11) dan Minggu (21/11) lalu, masih cukup tinggi. Beban volume kendaraan yang banyak ini tidak sebanding dengan ukuran ruas Jalan Margonda, Depok, yang tidak terlalu lebar juga.

"Di hari Sabtu (20/11) itu 57 ribu kendaraan melintas. Kemudian di hari Minggu (21/11) itu sebanyak 50 ribu kendaraan," ujarnya.

(mei/mei)