Masa Karantina COVID Terbaru dari Luar Negeri, Ini Aturannya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 09:50 WIB
Masa Karantina COVID Terbaru dari Luar Negeri, Ini Aturannya
Masa Karantina COVID Terbaru dari Luar Negeri, Ini Aturannya -- ilustrasi Bandara (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Masa karantina COVID terbaru diberlakukan untuk masyarakat yang kembali dari luar negeri. Kebijakan ini diterbitkan melalui Adendum Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan COVID 19.

Kebijakan karantina terbaru merujuk pada Adendum Surat Edaran Nomor 23 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Adendum Surat Edaran ini ditetapkan di Jakarta, 2 Desember 2021 dan ditandatangani oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana selaku Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Letjen TNI Suharyanto.

Lalu berapa lama masa karantina COVID terbaru dari luar negeri? Simak aturannya berikut ini.

Masa Karantina COVID Terbaru: Berlaku Selama 10 Hari

Berdasarkan Adendum Surat Edaran yang telah disebutkan, masa karantina COVID terbaru berlaku selama 10 hari. Aturan ini berlaku bagi WNI atau WNA yang baru saja datang dari luar negeri.

Kebijakan ini mulai berlaku sejak hari Jumat, 3 Desember 2021 sampai dengan waktu yang belum ditentukan. Jangka waktu tersebut digunakan oleh pemerintah untuk mengevaluasi kebijakan masa karantina COVID terbaru serta laju kasus Corona.

Masa Karantina COVID Terbaru: Aturan Tes COVID-19

Pemberlakuan masa karantina COVID terbaru berlaku untuk seluruh masyarakat yang kembali dari luar negeri, baik Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA). Mereka harus mengikuti persyaratan sebagai berikut:

  1. Masyarakat yang baru datang dari luar negeri harus melakukan tes ulang RT-PCR serta wajib menjalani karantina selama 10 x 24 jam.
  2. Kepala Perwakilan Asing dan keluarga yang bertugas di Indonesia harus melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing selama 10 x 24 jam.
  3. Ketentuan untuk WNI dan WNA yang akan melakukan tes RT-PCR kedua adalah sebagai berikut:
    a. Hari ke-9 karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri dengan total waktu karantina 10 x 24 jam.
    b. Hari ke-13 karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri dengan total waktu karantina 14 x 24 jam.

Masa karantina COVID terbaru bagi WNA dan WNI dari luar negeri kini diperpanjang selama 10 hari. Lalu bagaimana aturan terbaru bagi WNA dari negara-negara yang terkonfirmasi varian Omicron? simak di halaman selanjutnya.