Minta Jalan Diperbaiki, Warga Karo Sumut Kirim Jeruk 1 Truk ke Jokowi

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 18:45 WIB
Warga dari Karo mengirim jeruk 1 truk ke Presiden Jokowi  (Ahmad Arfah-detikcom)
Warga dari Karo mengirim jeruk 1 truk ke Presiden Jokowi. (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Warga di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), mengirimkan satu truk berisi buah jeruk ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Warga berharap Jokowi memerintahkan jajarannya untuk memperbaiki jalan di desa mereka.

Pantauan detikcom di Simpang Pos, Medan, Jumat (3/12/2021), truk pengangkut jeruk itu tiba dari Karo sekitar pukul 17.40 WIB. Truk ini kemudian dilepas untuk berangkat ke Jakarta oleh tokoh masyarakat Karo di Kota Medan.

"Kami mau ngantar oleh-oleh sama bapak Presiden kita Joko Widodo, kami dari Liang Melas Datas. Jadi itu lah tujuan kami, mengantar oleh-oleh atau buah jeruk," kata tokoh masyarakat Liang Melas Datas, Setia Sembiring.

Setia berharap Jokowi memberi perhatian kepada daerahnya. Dia mengatakan jalan yang rusak itu terdapat di enam desa dan tiga dusun di Liang Melas Datas.

"Mudah-mudahan jadi perhatian Bapak, Desa Liang Melas, sebab kondisi jalan agak susah. Dengan adanya kami mengantar oleh-oleh, mungkin nanti bisa jadi perhatian bapak," ujarnya.

Dia mengatakan kerusakan jalan di wilayahnya sudah terjadi 40 tahun. Dia menyebut jalan di desanya sempat diperbaiki, namun rusak lagi.

"Ada (perbaikan), tapi sekadar saja. Rusak lagi. Sudah beberapa kali ini kami bilang sama Bupati Karo, dana kurang gitu (jawab Bupati). Jadi kami ingin bilang sama Bapak Jokowi agar dia bisa membantu daerah Karo, khususnya Liang Melas," jelas Setia.

Setia menyebut transportasi untuk membawa hasil pertanian dari daerah itu terhambat akibat jalan yang rusak. Menurutnya, buah yang dipanen sering tidak bisa dijual ke pasar karena tak bisa diangkut.

"Untuk mengangkut barang nggak bisa keluar, mobilnya ditarik-tarik. Kalau jalannya bagus, bagus kondisi pertanian kita. Ada jeruk, jagung. Jagungnya kadang nggak bisa lagi dibawa ke pekan (pasar), nggak sesuai harga dengan ongkos angkat jagungnya," paparnya.

Tonton juga Video: Top 5: Eks Pemain Timnas Tendang Penonton, Jokowi Sindir Kapolda-Kapolres

[Gambas:Video 20detik]



(afb/haf)