Polisi Ungkap Hasil Klarifikasi Ibu yang Dilaporkan 5 Anak Kandungnya

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 15:13 WIB
Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan
Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan (Dok.YouTube Humas PMJ)
Bekasi -

Polisi meminta klarifikasi kepada Rodiah (72), yang dilaporkan oleh lima anaknya gegara persoalan warisan. Rodiah dilaporkan kelima anak kandungnya dengan tuduhan menggelapkan sertifikat tanah warisan senilai Rp 500 juta.

"Hasil konfirmasi sementara sertifikat itu ada, nggak hilang. Sudah ditunjukkan oleh ibu tersebut," kata Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan saat dihubungi detikcom, Jumat (3/12/2021).

Hendra mengatakan hasil klarifikasi itu nantinya akan disampaikan kepada anak-anak Rodiah. Polisi berharap kasus ini tidak berlanjut ke ranah hukum.

"Insyaallah kita akan undang yang lain, pembuat surat, dan kita klarifikasi lagi. Mudah-mudahan tidak berlanjut ke ranah hukum," ujar Hendra.

Dimintai konfirmasi terpisah, Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi AKBP Aris Timang menambahkan pihaknya sejauh ini belum melakukan penyelidikan perihal dugaan penggelapan sertifikat tanah yang dilakukan oleh Rodiah.

"Jadi ada surat itu ada sama Ibu Rodiah. Jadi kami belum bisa katakan digelapkan atau apa karena belum ranah penyelidikan. Kita undang Ibu Rodiah dan dia perlihatkan surat itu ada sama dia," katanya.

Aris menegaskan pihaknya belum melakukan penyelidikan adanya tindakan pidana yang dilakukan oleh Rodiah. Polisi saat ini hanya melakukan klarifikasi.

"Banyak yang tanya Pasal 372 dan 385 KUHP. Saya bilang begini, belum ada kita bicara pasal karena belum masuk ranah hukum. Masih hanya ranah perlindungan hukum. Kalau masuk ranah LP (laporan polisi) baru kita bicara pasal apakah Ibu Rodiah memenuhi unsur yang dimaksud atau tidak. Jadi belum bicara pasal kita," terang Aris.

Setelah melakukan klarifikasi kepada Rodiah pada Senin (29/11), pihak kepolisian akan menjelaskan hasil klarifikasi itu kepada lima anak Rodiah. Polisi berharap permasalahan tersebut diselesaikan secara kekeluargaan.

"Nanti kami coba jembatani kalau keduanya mau. Kami coba nanti untuk menghubungi bagaimana ada titik temu anak dan ibu. Kalau dia terima syukurlah artinya kami ini polisi tidak semata-mata bicara hukum, tapi harus kedepankan kekeluargaan," tutur Aris.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya....

Lihat juga Video: Sang Ayah Bicara soal Tudingan Ingin Kuasai Warisan Vanessa Angel

[Gambas:Video 20detik]