Ancam Wakil Ketua DPRD Riau, 7 Orang Jadi Tersangka

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 14:58 WIB
Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto (Raja Adil/detikcom)
Foto: Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto (Raja Adil/detikcom)
Pekanbaru -

Polisi menetapkan tujuh orang yang mendatangi rumah Wakil Ketua DPRD Riau, Agung Nugroho sebagai tersangka. Ketujuh pelaku jadi tersangka atas dugaan pengancaman.

"Tujuh pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka. Terkait dugaan pengancaman dan atau perbuatan tidak menyenangkan di rumah dinas wakil ketua DPRD Riau," kata Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto, kepada detikcom, Jumat (3/12/2021).

Sunarto mengatakan ketujuh pelaku yang jadi tersangka adalah RE (31), DZ (24), AN (44), IR (28), NO (44), AF dan ZA. Ketujuh pelaku dijerat Pasal 335 dan atau 167 KUH Pidana.

"Seluruhnya dijerat Pasal 335 KUH Pidana dan 167 KUH Pidana. Ancaman 1 tahun penjara," imbuh Sunarto.

Sementara dari tujuh pelaku, ada dua yang ditahan. Keduanya adalah AF dan IR yang dijerat pasal 335 dan atau 167 KUHP. Sementara lima orang lainnya dikenakan wajib lapor.

Narto mengatakan penyidik Dit Reskrimum Polda Riau masih mendalami motif ketujuh pelaku mengancam pimpinan DPRD Riau itu. Penetapan tersangka sendiri setelah polisi menerima laporan dari Agung Nugroho tak lama setelah kejadian.

Agung Menduga Motif Terkait Musda ke V Demokrat Riau

Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho buka suara terkait sejumlah preman yang mendatangi rumah dinasnya. Ia menduga peristiwa itu terkait dengan Musyawarah Daerah V Partai Demokrat Riau, Selasa (30/11) lalu.

"Untuk yang datang ke rumah, saya melihat itu ada kaitan (Musda Demokrat V). Tapi saya sudah serahkanlah sama polisi untuk didalami," kata Agung, Rabu (1/12).

Agung mengaku mengenal beberapa preman yang diamankan polisi. Tetapi dia menyerahkan sepenuhnya kepada Polda Riau.

"Saya ada kenal, itu residivis. Ya kita tahu mereka siapa, tapi kan yang jadi masalah rumah dinas yang didatangi. Tidak boleh menyerang begitu," kata Agung.

(ras/jbr)