26 Rumah Sakit di Aceh Nihil Pasien Corona, Ruang Perawatan Sepi

Agus Setyadi - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 14:46 WIB
Bed occupancy rate (BOR) atau keterisian tempat tidur isolasi COVID-19 nasional sudah menurun drastis hingga saat ini. Salah satunya di RS Hermina Sunter Agung.
Ilustrasi ruang isolasi pasien COVID-19 (Foto: Pradita Utama)
Banda Aceh -

Sebanyak 26 rumah sakit di Aceh kini tak ada lagi merawat pasien yang terpapar virus Corona (COVID-19). Kasus aktif COVID-19 di Tanah Rencong tinggal lima orang yang dirawat di lima rumah sakit.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani, mengatakan penyebaran COVID-19 di Aceh semakin melandai dalam beberapa pekan terakhir. Ruang perawatan Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-Emerging (Pinere) pun mulai sepi dengan pasien COVID-19.

"Sepinya ruang perawatan Pinere semua rumah sakit rujukan di Aceh sejalan dengan kian turunnya kasus positif baru dalam lima minggu terakhir," kata Saifullah kepada wartawan, Jumat (3/12/2021).

Saifullah membeberkan lima rumah sakit yang masih merawat pasien COVID-19 di Aceh. Kelima rumah sakit itu yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Zainoel Abidin Banda Aceh, Rumah Sakit Jiwa Banda Aceh, RSUD Mayang Kute Redelong (Bener Meriah), RSUD Datu Beru Takengon, dan RSUD Kota Subulussalam. RS tersebut masing-masing merawat satu pasien.

"Semua dirawat di ruang isolasi Pinere, bukan di ruang Intensive Care Unit (ICU)," ujar Saifullah.

Dia menyebut seluruh RS milik pemerintah di Aceh memiliki ruang Pinere untuk menangani pasien Corona. Total ruang perawatan pada 31 RS rujukan berjumlah 1.006 tempat tidur terdiri 117 bed ICU Pinere dan 889 bed untuk isolasi Pinere.

"Meski ruang perawatan Pinere dalam kondisi sepi saat ini, namun tenaga medis, ruangan, dan fasilitas penunjangnya tetap dalam kondisi siaga. Apabila tiba-tiba ada pasien positif yang masuk siap diberikan pelayanan sesuai kebutuhan medisnya," ucap Saifullah.

"Kita tidak berharap ada pasien baru, karena itu jangan mengabaikan protokol kesehatan selama status pandemi COVID-19 belum dicabut," tambahnya.

Secara kumulatif, jumlah pasien Corona di Aceh hingga Kamis (2/12) berjumlah 38.416 orang. Rinciannya, pasien sembuh sebanyak 36.338 orang, kasus meninggal dunia mencapai 2.066 orang dan kasus aktif di Aceh sebanyak 12 orang.

"5 orang pasien terpapar dirawat di RS sisanya isolasi mandiri," imbuhnya.

(agse/fas)