Genjot Infrastruktur di Kebumen Utara, Bupati Bangun 4 Jembatan

Rinto Heksantoro - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 14:23 WIB
Genjot Infrastruktur di Wilayah Kebumen Utara, Bupati Bangun 4 Jembatan
Foto: Dok. Pemkab Kebumen
Jakarta -

Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-76 Tahun 2021, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meresmikan empat jembatan baru. Pembangunan jembatan tersebut merupakan komitmen pemerintah untuk bisa mengentaskan kemiskinan di wilayah Kebumen Utara dengan terus menggenjot pembangunan infrastruktur.

Peresmian dilaksanakan pada Jumat (3/12/2021) dan dipusatkan di Jembatan Merah Putih yang merupakan penghubung empat kecamatan, yakni Karanggayam-Karangsambung, Pejagoan, Alian serta dua desa yakni Kaligending dan Karangrejo.

Acara yang dihadiri oleh jajaran Forkopimda dan tokoh masyarakat itu digelar dengan prosesi pemotongan tumpeng dan tasyakuran bersama oleh warga dua desa Kaligending dan Karangrejo yang berada di dua Kecamatan Karangsambung dan Karanggayam.

Arif menyampaikan rasa bangga di akhir tahun ini pihaknya bisa merampungkan pekerjaan pembangunan jembatan di wilayah utara. Ini merupakan komitmen pemerintah untuk bisa mengentaskan kemiskinan di wilayah Kebumen Utara dengan terus menggenjot pembangunan infrastruktur.

"Pembangunan jembatan ini adalah komitmen kami bagaimana bisa mengentaskan kemiskinan di utara dengan perbaikan infrastruktur baik jalan maupun jembatan. Warga masyarakat bisa lebih mudah melakukan aktivitas ekonomi dengan hadirnya jembatan baru ini," kata Arif Sugiyanto disambut tepuk tangan meriah.

Adapun empat jembatan yang diresmikan Arif Sugiyanto yakni Jembatan Merah Putih di Desa Kaligending-Karangrejo, Kecamatan Karangsambung-Karanggayam, Jembatan Sawangan di Desa Glontor Karanggayam, Jembatan Kesabaran di Desa Kalibening, Kecamatan Karanggayam, dan Jembatan Kali Trenggulun di Purwodadi, Kecamatan Kwarasan. Dengan adanya jembatan-jembatan tersebut, warga Karanggayam yang terisolasi kini bisa bepergian ke kota Kebumen.

"Saya minta jembatan ini dirawat dan dijaga dengan baik, jangan kemudian masyarakat menggali pasir di area jembatan. Ini jelas akan merusak jembatan sehingga cepat rapuh," pintanya.

"Kalau dulu ke Kebumen harus muter 26 KM, sekarang dengan adanya jembatan ini warga Karanggayam mau ke Kota Kebumen lebih cepat, jaraknya 12 Km, sampai," sambungnya.

Tak lupa dalam rangka memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-76 Tahun 2021 ini, Arif juga menyerahkan 40 ribu sertifikat kepada para pekerja yang dilakukan secara simbolis, termasuk memberikan bantuan 26 mesin traktor untuk para Gapoktan/Poktan.

Selain itu, Bupati juga meresmikan gedung bekas Kecamatan Karangsambung sebagai tempat pusat informasi wisata. Wilayah utara juga memiliki banyak potensi wisata, baik itu Geopark, wisata bukit, perkebunan, atau agrowisata, embung, waduk dan juga curug atau air terjun.

"Tadi kita juga mengecek di dekat Bendungan Kaligending ini ternyata ada sumber air hangat yang keluar dari perut bumi. Ini sama kaya di Krakal. Nah ke depan ini bisa dikembangkan jadi wisata baru, buat kolam renang hangat. Ini kan belum ada," tandasnya.

(akd/ega)