5 Desember Hari Apa? Ada Hari Sukarelawan Internasional

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 18:04 WIB
5 Desember Hari Apa? Ada Hari Sukarelawan Internasional
5 Desember Hari Apa? Ada Hari Sukarelawan Internasional (Foto: Dok. United Nations)
Jakarta -

5 Desember hari apa menjadi pertanyaan yang banyak dicari tahu masyarakat. Tanggal 5 Desember adalah Hari Sukarelawan Internasional.

PBB menetapkan Hari Sukarelawan Internasional ini sebagai salah satu upaya menunjukkan rasa terima kasih untuk para sukarelawan di seluruh dunia. Kegiatan sukarela merupakan salah satu mekanisme penyampaian yang paling vital untuk transformasi sosial, lingkungan dan ekonomi.

Maka dari itu penting untuk memperingati Hari Sukarelawan Internasional. Simak informasi mengenai 5 Desember hari apa yang sudah kami rangkum berikut ini.

5 Desember Hari Apa? Ini Jawabannya

5 Desember hari apa? Setiap tahunnya 5 Desember diperingati sebagai Hari Sukarelawan Internasional. Melansir dari situs PBB, menjadi sukarelawan adalah memberi, berbagi, mendukung orang lain, mendukung hal-hal yang dipedulikan dan menciptakan masa depan yang lebih baik bagi semua orang.

Sekitar 70 persen dari pekerjaan sukarela tidak melibatkan organisasi apa pun. Namun, pekerjaan sukarela terjadi secara informal di antara orang-orang di komunitas mereka.

Hari Sukarelawan Internasional: Tema Tahun Ini

Hari Sukarelawan Internasional yang diperingati setiap tanggal 5 Desember ini diperingati dengan tema yang berbeda-beda tiap tahunnya. Dilansir dari situs PBB, tahun ini temanya adalah "Relawan sekarang untuk masa depan kita bersama".

Melalui tema tersebut, PBB berpesan untuk generasi masa depan agar lebih bertanggung jawab atas perubahan yang diperlukan untuk membangun masa depan yang lebih baik. Mendorong, mengakui, dan mempromosikan pekerjaan sukarelawan adalah bagian penting dalam menciptakan masa depan yang lebih setara dan inklusif bagi masyarakat dan di seluruh dunia.

Hari Sukarelawan Internasional: Peringatan Tahun Ini

PBB dalam Program Relawan PBB mengoordinasikan Hari Relawan Internasional pada tanggal 5 Desember setiap tahunnya untuk mengakui dan mempromosikan pekerjaan sukarelawan yang tak kenal lelah. Setiap hari, para relawan mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk membantu mendorong aksi iklim dan memajukan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Maka dari itu penting untuk merayakan Hari Sukarelawan Internasional sebagai salah satu cara berterima kasih kepada relawan di seluruh dunia. Ada banyak cara untuk memperingati Hari Sukarelawan Internasional.

Anda bisa turut memperingati Hari Sukarelawan Internasional melalui sosial media. Adapun kegiatan yang bisa diikuti melalui sosial media dilansir dari situs PBB adalah sebagai berikut:

  1. Memposting foto, video atau gambar yang menunjukan mendukung program sukarelawan dengan tagar #VolunteerNow
  2. Mencalonkan orang lain untuk mengikuti program sukarelawan dengan menandai mereka dengan tagar #VolunteerNow dan #IVD2021.

Demikian informasi soal 5 Desember hari apa. Tertarik mengikuti program sukarelawan?

(izt/imk)