Bima Arya Bangga Bogor Jadi Tuan Rumah Kongres Kota Pusaka Indonesia

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 09:43 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya
Foto: Pemkot Bogor
Jakarta -

Wali Kota Bogor Bima Arya membuka Kongres ke-V Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) tahun 2021, Kamis (2/12). Rangkaian kegiatan kongres yang berlangsung di Bogor Creative Center, Bogor, Jawa Barat ini dibuka dengan Pameran UMKM dan welcoming dinner.

Bima Arya mengatakan pelaksanaan Kongres ke-V JKPI merupakan sejarah, kebanggaan dan kehormatan bagi Kota Bogor.

"Mohon maaf jika ada penyambutan yang kurang berkenan dan InsyaAllah besok kongres. Sesuai informasi yang disampaikan panitia para peserta akan mengenakan pakaian kebesaran adat daerah masing-masing," kata Bima dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat (3/12/2021).

Sementara itu, Ketua Presidium JKPI Tahun 2021 yang merupakan Bupati Siak, Alfedri mengatakan, anggota JKPI berkomitmen untuk menjaga kemajuan kebudayaan kota pusaka di Indonesia. Ia pun berterima kasih kepada Kota Bogor yang bertindak sebagai tuan rumah.

"Atas nama anggota dan pengurus kami mengucapkan terima kasih atas persiapan yang dilakukan cukup luar biasa," ucap Alfedri.

Sementara itu, pameran UMKM dalam Kongres ke-V JKPI menampilkan produk unggulan UMKM dari masing-masing daerah, serta pagelaran budaya daerah.

"Budaya daerah kita yang luar biasa kaya yang memberikan inspirasi bagi industri ekonomi kreatif dan dengan kemajuannya akan memajukan ekonomi masing-masing daerah," ungkap Alfedri.

Alfedri menuturkan kearifan lokal dari kota-kota pusaka yang melahirkan ide-ide kreatif dapat menjadi potensi ekonomi kreatif bagi masyarakat. Menurutnya, dengan begitu kemajuan ekonomi kreatif akan sejalan kemajuan budaya daerah.

"Kota pusaka menjadi wujud kita dalam memajukan masing-masing budaya, saling menguatkan, saling berkolaborasi, saling memajukan dan saling membesarkan. Dengan pameran ini, mudah-mudahan ke depan membawa kita bangkit kembali dari sisi ekonomi dengan perbaikan-perbaikan ekonomi," tutur Alfedri

Alfedri menyebutkan, Kongres ke-V JKPI di Kota Bogor akan dihadiri 38 dari 50 anggota JKPI. Sementara itu, untuk Rapat Kerja Nasional (Rakernas) JKPI akan dilaksanakan di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Pada kesempatan tersebut, Bima Arya bersama Alfedri dan Asfarinal Nanang serta para kepala daerah yang hadir meninjau stand-stand pameran produk unggulan UMKM daerah peserta JKPI. Mereka melihat stand dari Kabupaten Muna, Kabupaten Siak, Kota Palembang, Kota Malang, Kota Banjarmasin, Kota Pekalongan, Banda Aceh, Kota Langsa, Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Jepara.

Selain itu, dalam acara tersebut digelar hiburan musik dan tarian budaya yang diawali dari Kota Bogor, selanjutnya Kota Belitung Timur yang menyuguhkan lagu khas daerah Belitung Timur, dan daerah lainnya.

Lihat juga video 'Bima Arya Puji Program Makassar Recover di Apeksi Expo':

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)