Ngeri! Buaya 3,5 Meter Muncul di Permukiman Padat Penduduk di Samarinda

Muhammad Budi Kurniawan - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 09:41 WIB
Warga bersama Damkar mengevakuasi buaya 3,5 meter yang muncul di permukiman padat penduduk di Samarinda, Kaltim. (dok. Istimewa)
Foto: Warga bersama Damkar mengevakuasi buaya 3,5 meter yang muncul di permukiman padat penduduk di Samarinda, Kaltim. (dok. Istimewa)
Samarinda -

Buaya dengan panjang sekitar 3,5 meter membuat geger dengan muncul di tengah permukiman warga di Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Buaya itu akhirnya dievakuasi oleh Damkar bersama-sama dengan warga setempat.

Buaya itu seketika muncul di permukiman warga di kawasan Sungai Lais, Kecamatan Sambutan, Samarinda pada Kamis (2/12/2021) sekitar pukul 21.00 Wita. Setelah dievakusasi, buaya dengan panjang 3,5 meter itu memiliki 90 kilogram.

Butuh waktu 2 jam bagi petugas Damkar mengevakuasi buaya tersebut dari parit sedalam 1 meter yang terhubung ke sungai.

"Kebetulan air sungai pasang jadi paritnya dalam, kami bersama warga melakukan penutupan di kedua sisi parit sambil menunggu air surut," staf Bidang evekuasi Penyelematan Hak Sipil Damkar Samarinda Ichwan Wahyudi saat dimintai konfirmasi, Rabu (3/12/2021).

Hingga pada pukul 23.15 Wita, pihak Damkar dan relawan animal rescue di bantu warga berhasil menangkap buaya tersebut dengan cara menggunakan tali yang di sangkutan di mulut buaya.

Ichwan mengatakan proses evakuasi terbilang sulit lantaran banyaknya warga sekitar yang memadati lokasi untuk melihat penangkapan buaya.

"Agak sulit soalnya warga banyak ingin lihat secara dekat, jadi anggota sangat berhati-hati dalam mengevakuasi," ucap Ichwan.

Buaya tersebut awalnya di temukan warga sekitar yang berada tak jauh dari kediamannya, oleh warga kemudian langsung menghubungi pihak relawan dan Damkar untuk meminta bantuan penangkapan.

"Karena dekat dengan pemukiman, warga meminta buaya ini di tangkap, karena di khawatirkan dapat memangsa warga atau hewan peliharaan," ungkapnya.

Selanjutnya buaya itu rencananya akan diserahkan Damkar Samarinda ke pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim.

"Hari ini rencananya akan kami serahkan ke BKSDA," pungkasnya.

Lihat juga video 'Warga Heboh, Ada Buaya Masuk Area Pondok Pesantren di Purwakarta':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/nvl)