Mental Siswi SMP Pinrang Terguncang Usai Kisah Lamar Pria Viral

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 08:14 WIB
Cropped shot of a couple exchanging rings on their wedding day
Ilustrasi lamaran (Foto: Getty Images/LumiNola)
Pinrang -

Siswi SMP di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang tempo hari viral karena keluarganya melamar seorang pria dengan mahar fantastis mengalami masalah psikis. Ia dibully oleh teman-temannya dan mengalami perundungan online.

Kisah ini bermula dari keluarga siswi SMP itu yang melamar pria asal Jakarta. Kisah ini menjadi perbincangan karena menurut adat masyarakat Bugis, mempelai wanita melamar pria adalah hal yang tak biasa.

Kisah lamaran ini terus-menerus menjadi perbincangan banyak orang usai videonya viral dan ditonton puluhan ribu netizen. Ibu dari calon pengantin wanita, Hajah Asmira, membeberkan alasan melamar pria yang masih kuliah di Jakarta itu untuk dijadikan menantunya.

"Saya suka orang tuanya, sudah lama baku baik (hubungannya baik), anaknya juga baik, dari pesantren, saya cari menantu seperti dia, karena sangat perhatian, kalau sakit orang tuanya dia yang urus, saya kagum dengan kepribadianya," kata Asmira kepada wartawan, Selasa (23/11).

Acara lamaran di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, ramai dibicarakan hingga viral di media sosial. Pasalnya, pihak pelamar adalah keluarga perempuan yang diketahui merupakan hal tabu dalam adat masyarakat Bugis Makassar.Acara lamaran di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, ramai dibicarakan hingga viral di media sosial. Pasalnya, pihak pelamar adalah keluarga perempuan yang diketahui merupakan hal tabu dalam adat masyarakat Bugis Makassar. Foto: Hajah Diana dan hajah Asmira (Hasrul/detikcom)

Pihak calon pengantin wanita bahkan disebut memberikan mahar terigu hingga telur 200 rak serta uang panaik yang nilainya terbilang fantastis. Asmira mengatakan hal itu kesepakatan kedua belah pihak.

Alami Perundungan

Ternyata, mahar fantastis ini diberikan oleh ibu tanpa sepengetahuan anak perempuannya. Setelah acara lamaran tersebut viral, sang anak, yang masih sekolah di bangku SMP, mengalami perundungan.

"Rupanya anaknya ini kan setelah viral, anaknya ini kan tidak pernah dikasih tahu bahwa ibunya mau melamar. Ketika sudah viral, anaknya jadi kaget dan serta-merta dia malu dan akhirnya tidak mau sekolah," kata Kepala UPT Pemberdayaan Perempuan dan Anak Sulsel Meysi Soni, Kamis (2/12/2021).

Lihat juga video 'Pasangan SMP Menikah di Usia 15 Tahun':

[Gambas:Video 20detik]



Selengkapnya di halaman berikutnya