Ketua DPD Sebut Teknologi Jadi Tolok Ukur Kemajuan Bangsa

Erika Dyah - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 23:21 WIB
Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti.
Foto: dok. DPD RI
Jakarta -

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendorong pemerintah agar dapat segera menerapkan adaptasi teknologi digital di tengah masyarakat. Menurutnya, kemajuan suatu negara identik dengan tingkat kemajuan teknologi dan digitalisasi di berbagai bidang.

"Teknologi bukan hanya penopang bagi industri, tetapi juga menjadi tolok ukur kemajuan sebuah bangsa. Semakin maju sebuah bangsa, semakin pesat kemajuan teknologinya. Begitu juga sebaliknya," kata LaNyalla dalam keterangan tertulis, Kamis (2/12/2021).

Senator asal Jawa Timur ini menilai teknologi juga mampu memperkecil sekat-sekat yang terjadi selama ini. Bahkan, teknologi mampu mengubah karakter dan perilaku masyarakat.

"Jarak semakin dekat dan percepatan arus informasi mengubah kondisi sosial kita. Teknologi juga mampu melakukan pergeseran nilai-nilai yang selama ini ada di tengah-tengah masyarakat," tuturnya.

Untuk itu, LaNyalla menilai perkembangan pesat teknologi harus diimbangi dengan kemampuan masyarakat untuk terus beradaptasi.

"Kita harus mampu menyikapi dan mengimbangi keberadaan dan penggunaan teknologi," ucapnya.

Ia menambahkan berkembangnya informasi yang cukup pesat saat ini turut berdampak pada setiap sendi-sendi kehidupan sosial.

"Informasi yang serba cepat dan tidak terbendung berdampak pada percepatan perubahan paradigma dalam kehidupan sosial masyarakat. Jadi, setiap orang dituntut untuk melakukan adaptasi dengan arus digital," tegas LaNyalla.

LaNyalla pun mendorong masyarakat secara umum agar dapat semakin beradaptasi dengan teknologi dan digitalisasi.

"Sehingga akan semakin mempercepat negara kita menuju negara maju. Melihat potensi dan infrastruktur yang ada, saya optimis Indonesia menuju negara maju adalah sebuah keniscayaan," katanya.

Sebagaimana diketahui, era digital dimaknai sebagai suatu kondisi saat setiap aspek kehidupan disokong dengan revolusi teknologi mutakhir. Digitalisasi kini berkembang di seluruh bidang. Mulai dari komunikasi, finansial, perdagangan elektronik atau e-commerce, sosial budaya, hingga pendidikan.

(ncm/ega)