BEM Unri Minta Jokowi-Nadiem Kawal Kasus Dekan FISIP Tersangka Cabul

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 17:06 WIB
BEM Unri datangi Polda Riau (Raja-detikcom)
BEM Unri didatangi Polda Riau. (Raja/detikcom)
Pekanbaru -

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Riau (BEM Unri) menyurati ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta Mendikbudristek Nadiem Makarim terkait kasus dugaan pencabulan Dekan FISIP Unri Syafri Harto terhadap mahasiswi. BEM Unri meminta Jokowi dan Nadiem mengawal kasus ini.

"Adik-adik Komahi (Korps Mahasiswa Hubungan Internasional) ada kirim surat ke beberapa instansi lewat kantor pos. Ke Pak Presiden ada juga," kata Ketua BEM Unri Kaharuddin kepada wartawan, Kamis (2/12/2021).

Pengiriman surat dilakukan setelah Komahi membuat sayembara penulisan surat terbuka untuk Nadiem. Hal ini untuk menjawab keresahan atas kasus yang sedang bergulir di kampus.

"Kami dari Komahi kemarin buka sayembara menulis surat terbuka untuk Nadiem perihal kasus yang sedang terjadi. Jadi korban juga ikut turut andil dalam membuat surat terbuka itu," kata Ketua BEM jurusan Hubungan Internasional Unri, Kelvin.

Dalam surat, korban LM menuliskan keluh kesah dan kegelisahan terkait kasus yang sedang bergulir. LM meminta Nadiem mengambil tindakan tegas.

"Surat itu berisi 'Untuk Pak Nadiem, saya punya permintaan tolong kawal kasus ini sampai tuntas. Beri sanksi keras untuk pelaku. Jangan biarkan dia tetap di Universitas Riau'," kata Kelvin menyampaikan isi surat LM.

Dalam surat, kata Kelvin, LM juga meminta Nadiem turun tangan agar tak ada lagi kejadian serupa di Unri. Kelvin menyebut LM meminta Nadiem mengusut pihak-pihak internal Unri yang membantu Syafri Harto.

"Korban minta Pak Menteri turun tangan karena tidak mau ada korban lain. Minta juga diusut tuntas semua dosen yang juga melakukan hal yang sama dan mencoba melindungi pelaku," matanya.

Sebelumnya, kasus dugaan pencabulan ini mencuat setelah video pengakuan seorang mahasiswi soal pelecehan seksual di kampus Unri viral. Mahasiswi itu mengaku menjadi korban pelecehan yang diduga dilakukan Dekan FISIP Unri Syafri Harto.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.