Rumah Korban Kebakaran di Kendal Dibangun Lagi oleh Pemkab dan BAZNAS

Saktyo Dimas R - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 16:50 WIB
Pemkab Kendal
Foto: dok. Pemkab Kendal
Kendal -

Bupati Kendal Dico M Ganinduto menyerahkan bantuan pembangunan dua rumah untuk warga yang rumahnya terbakar bulan September lalu di Dukuh Penjor RT 03 RW 02 Desa Karangayu, Kecamatan Cepiring.

Penyerahan bantuan pembangunan rumah diberikan kepada dua keluarga korban kebakaran, yakni keluarga Sutrisno dan keluarga Siti Rikanah.

"Hari ini saya menyerahkan dua rumah yang telah dibangun kembali pascakebakaran bulan September yang lalu kepada kedua keluarga korban. Semoga rumah yang baru ini layak dan nyaman dihuni bagi kedua keluarga," kata Dico setelah menyerahkan bantuan dua rumah, Kamis(2/12/2021).

Dico mengapresiasi pembangunan dua rumah tersebut difasilitasi oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kendal.

"Pembangunan dua rumah ini merupakan kerja sama Pemkab Kendal dengan BAZNAS Kendal. Saya sangat mengapresiasi kinerja dari BAZNAS Kendal yang bagus dan responnya baik dan cepat," terangnya.

Menurut Dico, kebakaran merupakan musibah yang tentunya tidak bisa diperkirakan, namun setidaknya bisa diantisipasi. Untuk itu ia meminta pemerintah desa dan masyarakat sekitar untuk mengantisipasi bencana kebakaran agar ke depannya tidak ada lagi korban.

"Dalam hal ini tentunya apa yang telah kita berikan semoga bisa memberikan manfaat besar kepada keluarga, dan ini juga sebagai wujud kepedulian pemerintah dengan bergerak cepat memberikan bantuan. Saya juga berpesan kepada kepala desa untuk mampu melakukan evaluasi agar kejadian ini tidak kembali terjadi," jelasnya.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Kendal Samsul Huda mengatakan bantuan pembangunan rumah yang diberikan sebesar Rp 36 juta dan program bantuan yang diberikan masuk dalam kategori kemanusiaan.

"Bantuan pembangunan rumah ini masuk kategori kemanusiaan sehingga kita bisa menyalurkan rehab rumah," kata Ketua BAZNAS Kendal, Samsul Huda.

Sementara itu Sutrisno, korban kebakaran, bersyukur karena mendapat bantuan pembangunan rumah bahkan lebih baik dari rumah yang sebelum terbakar. Ia mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kendal, BAZNAS Kendal dan semua pihak yang telah membantu membangun rumahnya.

"Syukur alhamdulillah, rumah saya sekarang jadi bagus dan sangat layak untuk dihuni. Saya sangat terima kasih kepada Bupati Kendal, Pak Dico dan BAZNAS Kendal serta pihak-pihak yang membantu," katanya.

Sebagai informasi, usai peresmian bantuan pembangunan rumah, Bupati Kendal dan BAZNAS turut memberikan bantuan mesin pencacah rumput kepada kelompok ternak yang berada di Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung. Bantuan ini merupakan role model yang nantinya akan selalu dievaluasi perkembangannya.

Bantuan tersebut diharapkan mampu memaksimalkan dan mengembangkan peternakan dengan besar, termasuk mampu membuka lapangan pekerjaan.

(prf/ega)